Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta

Pernahkah mengalami situasi dimana anak bertanya 'Kenapa matahari terbit dari timur?' dan kita tidak bisa menjawabnya?

You are not the only one. Saya pun pernah merasakan hal tersebut. Anak-anak selalu penuh dengan rasa ingin tahu dan butuh jawaban. Acapkali kita sebagai orang tua kepayahan untuk menjawabnya. Ya karena memang nggak tau sih harus jawab seperti apa. 

Akankah desakan rasa ingin tahu itu berhenti pada ketidaktahuan sang mama papa?




Demi memenuhi hak anak atas pengetahuan tentang alam semesta, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan menyajikan bacaan seputar alam semesta yang mudah dipahami.

Ada buku baru nih karya Fita Chakra, penulis yang sudah menerbitkan banyak buku anak, asalnya dari Semarang lhoooo... *ikut bangga. Buku dengan judul Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta ini menceritakan berbagai bukti keagungan Tuhan dengan cara yang mudah dimengerti oleh anak-anak kita.

Dialah Allah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkan di langit menurut yang dikehendaki-Nya dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki, tiba-tiba mereka gembira. (Ar-Rum [30] : 48)

Bukti kebesaran Allah dengan fenomena hujan ini telah dijelaskan dalam Al-Qur-an surat Ar-Rum ayat 48 seperti kutipan di atas. Secara detail loh dijelaskan proses terjadinya hujan. Mulai dari saat partikel-partikel air berkumpul dan membentuk awan. Lalu awan-awan yang terbentuk dari uap air tadi mengembun dan turunlah hujan. (hal. 20).

Proses terjadinya hujan ini diceritakan dengan penggambaran musim kering yang melanda di kerajaan. Raja dan Princess Aisya sangat sedih karena berbagai tanaman layu kekurangan air. Raja mengajak untuk melakukan shalat Istisqa untuk memohon hujan. Kisah ini tersaji apik dengan judul Merindukan Hujan.


Kekayaan alam lainnya yang ingin ditunjukkan kepada anak adalah hasil olahan dari lebah.  Pada cerita yang berjudul Rahasia Lebah, diceritakan tentang Princess Tiara yang takut sekali pada lebah gara-gara temannya pernah disengat lebah hingga bengkak.

Namun ketika diajak untuk panen madu dan diberitahu tentang khasiat madu bagi manusia, Princess Tiara tidak takut lagi. Madu dari lebah yang rasanya manis ini memiliki berbagai manfaat yang berguna bagi manusia.

Dan Allah mengilhamkan kepada lebah, "Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di temat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Allah yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang beraneka warna, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkannya." (An-Nahl [16] : 68-69).

Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta ini terdiri dari 10 kisah yang memiliki pembelajaran yang berbeda-beda. Mengangkat tentang kekayaan dan kedahsyatan alam ciptaan Allah, penulis mencoba memancing keingintahuan anak melalui kisah-kisah yang disampaikan.

Seperti soal lebah di atas tadi, setelah melewati fase takut pada lebah, diharapkan anak jadi tahu bahwa makhluk kecil itu memiliki manfaat ketika dikembangbiakkan untuk mendapatkan sari madu.




Pada akhir tiap cerita, penulis juga menambahkan pengetahuan baru yang dikemas dengan judul Tahukah kamu? Pada kisah Rahasia Lebah tadi, diungkap tentang bentuk sarang lebah yang segi enam agar lebah memiliki banyak sisi untuk menempelkan madu. Juga ketika salah satu menemukan sari makanan, lebah akan menari sebagai tanda supaya teman-temannya berkumpul.

Woww... apakah selama ini mama dan papa sudah tahu rahasia lebah tadi? 😉


Salah satu kisah yang menarik untuk anak lelakiku ada di judul Pesawat Prince Ramazan. Anak lelaki biasanya memang suka banget ya dengan segala macam cerita yang ada kaitannya dengan alat transportasi.




Prince Ramazan punya cita-cita untuk menjadi perancang pesawat. Setelah belajar keras selama bertahun-tahun, akhirnya dia bisa membuat berbagai macam jenis pesawat. Pesawat buatannya hilir-mudik di angkasa. Dengan kemampuannya itu, Prince Ramazan bisa menyaksikan kebesaran alam semesta ciptaan Allah dari angkasa.

Hal itu pula yang membuatnya ingin terus membuat pesawat agar bisa digunakan untuk membantu sesama manusia. Mulia sekali engkau wahai Prince Ramazan...


Penulis pun mencoba menyampaikan kepada pembaca anak-anak, apa akibatnya jika kita tidak mencintai lingkungan. Alam semesta yang luar biasa luasnya ini bisa marah dan mengakibatkan bencana alam ketika manusia tidak lagi menjaga lingkungannya.

Pada kisah Prince Sakha Membangun Kota (hal. 51), diceritakan tentang seorang anak yang sangat cerdas dan kreatif. Prince Sakha, putra dari Raja Abdul sangat suka menata kota kerajaannya.

Prince Sakha membuat pulau kecil di tengah danau dan membangun istana kecil yang indah di atasnya. Pada saat membangun istana itu, dia memerintahkan untuk menebang pepohonan. Lalu didirikanlah pusat perbelanjaan yang megah.

Tentu saja penduduk kerajaan tersebut sangat bangga. Kota mereka tertata rapi dan terlihat indah. Namun apa yang terjadi ketika tak lagi ada pepohonan di kerajaan tersebut?

Banjir bandang datang dan menghancurkan segalanya. Semua yang dibangun Prince Sakha pun hancur. Prince Sakha sangat menyesal dan berjanji pada ayahnya akan menjaga dan memperhatikan hutan dan lingkungan kerajaan.



Telah tampak kerusakan di darat dan lau akibat perbuatan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah : 'Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikan bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)'.  (Ar-Rum [30] : 41-42)

Menjaga lingkungan bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Antara lain, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga habitat satwa dan tumbuhan supaya mereka tidak punah, dan menghemat sumber daya alam.


Saat anak membaca buku dongeng ini, ada baiknya orang tua mendampingi dan membantu menjelaskan seputar surat-surat Al-Qur'an yang disertakan dalam setiap kisah. Bisa dibantu untuk mengolahnya melalui kalimat keseharian yang ringan dan sesuai gaya percakapan di rumah.

Kalau dari sisi penyampaian kisahnya, menurut saya sudah bagus sekali. Buku ini pada setiap halamannya diberi ilustrasi yang sesuai dengan dongeng yang disampaikan. Jadi anak yang membacanya pun tidak lekas bosan berkat ilustrasi menarik yang menyertainya.

Yuuuk mama, papa, kakak, uwak, om-tante dan kakek-nenek bisa hadiahkan buku ini untuk si kecil tercinta agar mulai belajar tentang alam semesta dan mengetahui kebesaran Sang Pencipta. Tak perlu melalui kalimat yang sulit-sulit kan menjelaskan tentang kehadiran Tuhan. Melalui ciptaanNya di bumi, anak-anak bisa kita ajarkan tentang adanya Tuhan pencipta seluruh alam semesta.




Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta
Penulis : Fita Chakra
Ilustrasi : Fransisca Ayu, Hilman Makhluf,
Lanting Studio, Maureen Monitan
Penerbit : Qibla - Imprint dari Penerbit BIP (2019)
ISBN : 978-602-483-396-1
Jumlah halaman : 100

Uniek Kaswarganti

Mom of two lovely kids, loves reading so much especially on fiction. She prefers listening Genesis and Phil Collins, The Corrs and KLa Project while enjoying her loneliness.

57 comments:

  1. Mau juga punya buku ini lumayan banyak ceritanya buat dibaca nanti pas Ramadan cocok nih aku kebetulan lagi nyiapin buku-buku buat ngabuburit dan islami buat nemenin anak-anak menuju buka

    ReplyDelete
  2. Huaaa mau beli buku ini untuk anakku Ibrahim. Kerennya tuh ngajarin sebab akibat kalau kits ga jaga alam yg sdh Allah kasih. Jd anak insya Allah akan lbh aware sm lingkungannya

    ReplyDelete
  3. Waktu Keke dan Nai masih kecil, saya punya beberapa buku seperti ini. Bagus kalau kata saya karena dari ilustrasinya aja udah menarik. Kemudian isinya science, tetapi tetap ada agamanya juga

    ReplyDelete
  4. Bener mbak, anak itu banyak tanya dan sering penasaran tapi emaknya yang bingung harus jawab apa karena keterbatasan pengetahuan. Dulu waktu anakku masih kecil sering kubelikan buku bergambar lengkap penjelasannya, agar dia tahu gambar ini tuh maksudnya seperti ini. Dan buku diatas cocok deh dimiliki orang tua yang anaknya sedang dalam proses belajar... Agar sama2 tahu dan belajar. Orang tua jadi tahu anakpun mulai mengenal. Terutama tentang agama, harus diajarkan kepada anak sejak dini.

    ReplyDelete
  5. Pengen punya satu untuk anakku. Nanti coba ke Gramedia ahhh, mudah-mudahan di gramedia sini sudah ada bukunya :)

    ReplyDelete
  6. Dengan membaca buku ini anak-anak jadi lebih tahu kebesaran Tuhan yaa, Mba. Bagus banget nih, anak-anak jadi lebih paham dan yakin bahwa Tuhan itu memang ada :)

    ReplyDelete
  7. Bagus nih buat keponakan yang masih kecil belajar sambil menilham mentadaburi Al-Quran

    ReplyDelete
  8. huaaa Mbak, jadi makin penasaran saya ingin ikut membaca dongen anak Muslim ini juga. biar tahu kisahnya juga dan nanti bisa jawab pertanyaan-pertanyaan ajaib dari anak-anakku. sekarang sih belum yaah, tapi cepat atau lambat mereka pasti bakalan nanya ini itu :D

    ReplyDelete
  9. Kadang pertanyaan-pertanyaan anak itu sulit ditebak. Bahkan kadang ajaib. Buku ini dengan ilustrasi menarik pasti buat anak jadi semangat membaca ya mba

    ReplyDelete
  10. Everyone in my house love this book. it’s very interesting, the stories are wonderful and the illustrations are great. And the kids learn more about Al-Quran

    ReplyDelete
  11. Bukunya bagus banget mbak, bisa nih direkomendasikan buat ponakanku. Atau bisa juga jadi kado ultahnya nanti ya. Tentang lebah itu aku pernah baca tapi lupa di mana, yaitu tentang kenapa sarangnya berbentuk segi enam.

    ReplyDelete
  12. cerita sains yang ditulis dengan dasar agama pasti menarik banget, manfaat yang didapat anak bisa lebih banyak. mau ah cari buku ini buat anak-anakku :)

    ReplyDelete
  13. Sering banget mbak aku kalau ditanya gak bisa jawab trus gelagapan hahaha, cari dulu lah di google.
    Lewat buku biasanya anak-anak bisa cepat menangkap ilmu tentang alam semesta misalnya. Apalagi buku karya Fita Chakra ini didesain dengan full color jadi anak-anak gak bosen bacanya.
    Aku baca ilmu-ilmu di setiap isi cerita aja suka banget jadi bisa nambah informasi.

    ReplyDelete
  14. Fita memang keren ya, bukunya banyak pisan dan bagus2 juga. Rasanya pengen koleksi semua buku anaknya.

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat cita-cita sendiri, pengen nulis cerita anak, kalau gak terbit minimal untuk anak sendiri, sekarang bayi udah lahir, 1 ceritapun belum jadi. Haha..

    Bukunya menarik Mba, apalagi pakai ilusttasi yang colourfull gitu..

    ReplyDelete
  16. Dari ulasannya mbak Uniek ini saya jadi tertarik deh pengen belikan buku ini juga untuk si Bunay. Apalagi isi bukunya mencerahkan sekali. Mengajarkan anak untuk cinta lingkungannya dan mengetahui kebesaran Allah.

    ReplyDelete
  17. Buku anak-anak aku juga suka, sering kali beli gramedia online bacanya buku anak-anak hehehe
    soalnya asik baca buku anak, lebih gampang diserap dan kita belajar juga membacakannya nanti kalo keponakan minta didongengin heehhe. Kapan-kapan pengen baca

    ReplyDelete
  18. Buku ini menarik banget ya kan aku juga suka kalau diceritakan tentang alam apalagi mereka memang punya hobi untuk mengamati kondisi di sekitar

    ReplyDelete
  19. Aku punya buku ini tapi blm aku bacain buat anak2 secara lengkap. Baru awal2 aja. Soalnya anak2 lg seneng2nya cerita fabel hehe. Bagus ya secara keseluruhan isinya, ngajarin anak2 kenal dan cinta lingkungan jg :D

    ReplyDelete
  20. Wah menarik banget nih bukunya. Tapi kalo anak-anakku mesti dibacain nih. Masih males baca sendiri wkwk... Gak kayak emak bapake yang kutu buku.

    ReplyDelete
  21. Kayanya kalau anak anakku dibeliin buku ini bakalan seneng banget nih...

    ReplyDelete
  22. 100 halaman dengan 10 cerita, mantep nih kayaknya cerita plus ilmu yang dibagikan. Ilustrasinya juga bagus, ya. Wah jadi mupeng nih.. pengen beliin buat anak-anakku..
    TFS, Mbak Uniek :)

    ReplyDelete
  23. Buku yang bagus ya Mbak. Ngomongin lebah aku malah teringat Hachi bee, hahaha. Suka dengan model buku kaya gini. Bisa sekalian belajar

    ReplyDelete
  24. Nanti nyari juga ah. Bagus buat hadiah keponakan yang mulai suka baca

    ReplyDelete
  25. Ini masih dibaca berulang-ulang di rumah kami. Bagus soalnya cerita di dalamnya.

    ReplyDelete
  26. Pengen beli satu ah untuk cucuku. Ada di Gramedia ya?

    ReplyDelete
  27. Kalau anakku nanyanya gini, kok awannya jalan ngikutin sih, kok mataharinya ngikutin sih? Kayaknya bagus deh buku ini untuk menjelaskan alam semesta melalui dongeng menarik

    ReplyDelete
  28. Baguuuss bukunya terlihat sangat bersahabat dan memahami kebutuhan anak2 TK serta sekolah dasar yang selalu ingin tahu ya mba. Saya kayaknya perlu beli juga nih, untuk persiapan anak pertama yg udah mau sekolah hihihi

    ReplyDelete
  29. Buku ini nih yang tadinya aku mau nitip ke mba lidya buat beliin jadi ga jadi hiks ... padahal udah kebayang2 ngasih ini ke anak2 meskipun disini buku alam semesta bejibun tp yg kasih dalil blum nemu. Sayang suamiku bilang takut ga kebawa bukunya krn mobilitas dia di indo cuma 7 hari di 2 pulau hiks 😔

    ReplyDelete
  30. aku suka buku-buku berkualitas yang ada pengetahuannya tentang sang pencipta. anak gak cuma dapet ilmu, tapi juga paham atas izin siapa semua fenomena alam itu terjadi. masyaallah, semoga kita semua dimampukan untuk selalu memfasilitasi bacaan berkualitas buat anak-anak kita. aamiin.

    ReplyDelete
  31. Pokoknya mau masukin list buku ini, ini keren banget ya buat anak-anak muslim. Nabung dulu lah, dana buku udah habis di jastip bbw ��

    ReplyDelete
  32. Aku malah baru tau sekarang ini tentang rahasia lebah itu hahaha :D
    Dalam buku dilengkapi gambar juga ya, jadi makin menarik minat anak untuk membaca.

    ReplyDelete
  33. Buku yang pas buat anak belajar tentang alam semesta. Melalui dongeng tentunya akan lebih menyenangkan penyampaiannya. Juga ada ilustrasi menarik yang menyertainya. Berasa enggak baca tema alam semesta yang sejatinya berat untuk anak. Didasarkan pada ajaran Islam pula..
    Komplit kerennya!

    ReplyDelete
  34. Pengen beli bukunya. Soalnya saya sering bingung juga kalau ditanya yang "aneh-aneh" sama anak-anak, hehehe.
    Btw mbak Fita Chakra ini sepertinya cukup produktif dalam menulis buku, ya. Lumayan sering lihat buku-bukunya ��

    ReplyDelete
  35. mba, ini harga bukunya berapa dan beli dimana? mau beli buat anakku

    ReplyDelete
  36. Masya Allah, buku yang bagus buat anak-anak Mbak. Iya anak-anak itu serba kepo dan penasaran, kalau kita nggak bisa menerangkan, kasihan mereka akan kecewa. Buku ini bisa jadi salah satu alat orang tua memberitahu apa-apa yang ditanyakan mereka dengan cara yang lebih islami.

    ReplyDelete
  37. I am super happy because my kids love this book as well. The stories are interesting, short but the message is clear. We all enjoy it

    ReplyDelete
  38. MasyaAllah bun bukunya. Setuju nih sama penulis dari cara penyampaiannya langsung diberikan dalil pendukungnya juga biar kita ga bingung jelasin ke anak. Wajib dipunyai bukunya

    ReplyDelete
  39. Aduh, aku kepengen punya deh buku Fita yang ini. Selain percaya kalo isinya bagus karena Fita yang nulis, juga karena temanya sangat disuka anakku yang nomor 3. Kudu nyari ah kayaknya

    ReplyDelete
  40. Anakku sering mba...nanya2 yang model susah di jawab gitu. Biasanya klo aku nggak mudeng ya aku ajak nyari via google...tapi bagusan via buku gini...karena bahasanya disesuai in sama tingkat pemahaman anak-anak. Ilustrinya cakep lagi. Pengen mbeli buat Alya mba..

    ReplyDelete
  41. Ya Allah.. Bukunya bagus2 banget bun. Jadi pengen ngoleksi juga buat bacaan anak2. Anak2 mmg bgt y bund.. Nanyanya never ending. Kadang emaknya jadi ketauan kalo kurang ilmu. Haha. Makanya bukunya harus komplit jugaa.

    ReplyDelete
  42. Mau nyari dan baca-baca dulu nih mba, bagus bukunya. Kebetulan suka banget sama buku anak-anak hehe

    ReplyDelete
  43. wah bukunya mba fita emang selalu keren. seneng banget banyak buku tentng ilmu pengetahuan buat anak2 yg bagus dan menarik untuk dibaca :)

    ReplyDelete
  44. Melalui buku cerita, anak bisa banyak belajar dengan cara lebih santai dan tidak merasa digurui, ya, Mbak.
    Apalagi banyak terdapat illustrasi yang menarik di dalamnya. Pasti anak-anak sukaa!

    ReplyDelete
  45. Aku juga suka membacakan dongen untuk anakku, terlebih saat dia mau tidur. Apalagi sekarang ini dia lagi sering banget minta dibacain dongeng.

    ReplyDelete
  46. Kak Fitra Chakra ini priduktif sekali dalam menulis buku anak yaa, kak Uniek.
    Aku ingat satu hal pas saat kontroversial buku anak kak Chakra.

    Alhamdulillah,
    Telah lahir buku yang memadukan kisah Al-Qur'an dengan sunnatullah sehari-hari.

    Jadi,
    Kita harus Iqra'...membaca.

    ReplyDelete
  47. buku yang bagus buat anak ya, mba..
    tapi anak-anak biasanya lebih seneng dibacain ya daripada baca sendiri.
    pada ngalamin juga ga sih? jadi emak bapaknya juga kudu harus inisiatif buat bacain :)

    ReplyDelete
  48. Bagus bukunya mbak, aku udah punya buat koleksi buku anak di rumah.
    Tapi msh belum semua halaman akau bacakan ke anak2 :D
    Yg pasti bukunya emang menghibur krn gambar2nya dan juga megedukasi ya. Ortu aja jg belajar dr buku itu :D

    ReplyDelete
  49. Mashaa Allah bukunya bagus banget mbak, mendidik dengan cara yang menghibur. Anak-anak pasti suka nih.

    ReplyDelete
  50. Kayaknya Rara harus punya buku ini deh..sering banget tanya yg kadang ga bisa dijawab

    ReplyDelete
  51. Baru tadi malam si sulung nanya ke aku Barat itu apa?arah memang arah apa terus aja begitu sampe puyeng emaknya hahaha

    bagus nih bukunya jadi pengen punya

    ReplyDelete
  52. Anakku lagi suka banget baca buku dongeng, kayaknya harus beli nih buku ini.

    ReplyDelete
  53. Bukunya mba Fita bagus banget ya . Mengajarkan anak utk bisa menjaga alam semesta agar tidak rusak selain belajar mengetahui apa apa yang ada di alam semesta

    ReplyDelete
  54. Terima kasih banyak, Mbak Uniek. Muaaah. Mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca cilik dan orangtuanya :)

    ReplyDelete
  55. Tio udah baca berulang kali buku ini, dia senang banget. Sampai lecek bukunya padahal buku baru :)
    Sukses buat Fita.

    ReplyDelete
  56. wah buku yang bermanfaat buat anak nih. sayang di sini gak ada gramed. Pesan onlen bisa gak yah

    ReplyDelete