Semua Yang Penting dari Blogging


"Udah dapet apa saja dari ngeblog?"

Wahai dikau para blogger, pernahkah mendapatkan pertanyaan seperti itu? Kalau sudah pernah ditanya, lantas bagaimanakah jawabanmu?

Semacam ngeri-ngeri sedap ya kalau ditanya begitu. Seakan-akan tuh ngeblog ngejar apaan ajah. Kayak ngejar setoran saja ;)


Why Blogging?


Kalau ditanya alasan pertama dulu saya ngeblog, tentu teman-teman akan percaya seratus persen pada jawaban saya ini : Buat gaya-gayaan. Eh bener loh, dari jamaah fesbukiyah level kronis, yang apa-apa diupload di FB termasuk nulis di Note, saya benar-benar merasa gaya banget saat pertama kali mentransferkan segala macam yang ada di kepala ke dalam blog. Udah kekinian banget saya waktu itu :)

Gayanyaaa selangit, padahal ya yang ngeblog jauh lebih lama dari saya aja pada cool. Biasaaa... sindrom newbie 'kemethak' kan begitu itu. Segala sesuatu yang baru tentu saja bakalan bikin excited.

Blogging is fun!

Ya pantes lah kalau saya kemudian excited, lha wong Mba Carolina Ratri (Carra) di buku terbarunya yang berjudul Blogging : Have Fun and Get The Money aja juga bilang begitu. Blogging is fun! Blogging itu bersenang-senang. Senang menulis, senang berbagi, senang eksis, all about fun (hal. 8).

Meskipun sekarang orang pada marak membicarakan bahwa ngeblog itu menjanjikan (dalam hal materi), sebenarnya inti dari ngeblog ya itu tadi, bersenang-senang. Makanya, ngeblog lah karena kita suka.

Misal karena terpaksa gimana, Kakak? Apa nggak boleh? Terpaksa ingin tenar gituuuu.... *pecahkan saja Rangganya :p

Ngapain Saja sih Ngeblog Itu?


Jujur saja ya, pertama kali dulu saya bikin blog itu buat jualan. Jaman masih tinggal seatap dengan kakak, saya memang punya bisnis jualan aksesoris rajut. Nah, udah deh, segala platform blog saya coba kulik biar tampilan blognya ala ala web online shop gitu. Sempat loh dulu bikin pake Wix.com. Tapi ya gitu deh ya, berhubung ketahanan mental kurang maksimal, akhirnya prototipe blog itu nganggur dengan suksesnya.

Kemudian tergeraklah hati putri cantik dari Kota Lunpia ini untuk bikin blog yang berisi segala macam pembahasan tentang keseharian. Kalau sekarang sih lebih keren dengan sebutan Lifestyle Blog. Beuuuggh... keren banget ya, padahal ya aslinya blog gado-gado gituh :)

Saat membaca buku Mba Carra di halaman 27, saya sedikit 'tergores' oleh statement bahwa lifestyle blogger itu lebih memilih menunggu topik datang ketimbang mencari topik. Mba... saya nggak nunggu Topik mba, hanya Matt Damon yang selalu kutunggu *gebyur teh :D

Benar juga sih apa yang dinyatakan oleh Mba Carra itu. Dengan topik random seperti blog utama di uniekkaswarganti.com saya lebih cenderung mikir : ah, tarsok lah, pasti ada bahasan apa saja yang bisa saya tulis. Semacam pasrah manja pada keadaan saja, tak terlalu menajamkan gerakan agar mendapat ide tulisan yang unik dan beda. Apa yang ada saja lah ditulis.

Kesini-sini sih lumayan lah ya, hasil tulisan saya ternyata ada yang nyangkut gitu. Nyangkut ke perhatian agensi yang mencari blogger untuk diajak kerja sama. Wuhuuuiii... Jadi ya sodara-sodara, ngeblog itu nggak cuma menggalau, ada macam-macam informasi yang bisa kita share dan bermanfaat untuk orang lain. Bermanfaat untuk diri kita sendiri juga manakala ada brand tertentu yang mengajak kerja sama.

Menyoal Niche Blog


Mba Carra membahas juga soal niche blog yang rada-rada bikin saya merasa terpojok. Hiks. Niche blog saya ngalor ngidul ngetan bali ngulon, Kakaaaaa....

Niche tuh apaan sih?

Niche adalah topik atau bahsan yang fokus dan diminati oleh target tertentu (hal. 20). Yah meskipun perih karena blog saya tak punya niche khusus, saya akui juga ada benarnya kalau ada alasan logis yang mendasari ditetapkannya satu niche tertentu untuk ngeblog.

Beberapa alasan mengapa kita harus menentukan niche blog :
  1. Agar tetap keep on track
  2. Memiliki loyal reader
  3. Blog itu nantinya gampang dimonetize.
  4. Pemilik blog jadi terus dipaksa untuk belajar mengembangkan topik sesuai niche.
Tapi gimana lagi ya, saya ini terlalu cerewet bila hanya membatasi diri pada satu topik saja. Jadi biarkanlah semua seperti ini adanya ya Kaka, yang penting Blogging is fun toh? *toss *toss karo sopo?

Mba Carra juga memberikan contoh tentang topik tertentu yang bisa diangkat dari pekerjaan formal yang kita jalani. Saya maunya juga begitu, pengiiiinn banget membahas seputar pernak-pernik maupun tips di kantor. Hanya saja pekerjaan yang saya jalani saat ini  sebagian detail pekerjaannya tak bisa saya sebar-sebarin. Too many secret getooohh.... *pasang muka misterius

Ada beberapa niche blog yang umum dipilih oleh blogger saat ini :
  1. food blog
  2. fashion blog
  3. beauty blog
  4. travel blog
  5. book blog
  6. craft blog
  7. graphic desain blog
  8. techno blog
  9. parenting blog, dan beberapa niche blog yang lain (hal. 35).

 

Hal-hal Teknis seputar Blogging


Meskipun ada kata-kata sakti "Content is the king", tetap saja ya materi yang kita tulis di blog itu butuh pendampingan. Berbagai hal teknis dijabarkan penuh sabar oleh Mba Carra bagi pembaca blog ini. Mulai dari tips SEO, cara merapikan blog, mendaftarkan blog ke Search Engine, and many more...

Mau tau lebih banyak? Yuukk ikuti sebentar video Blogging : Have Fun and Get The Money ini :



Oya, saya bagi sedikit bocoran tips dasar SEO dari buku Mba Carra ini. 10 aja dulu yaaa... kalau banyak-banyak saya bingung ntar nulisnya. Soalnya ya cuma 10 itu yang ditulis Mba Carra hihiiii...
  1. Gunakan keyword utama yang sudah Anda pilih sebagai URL blog.
  2. Optimalkan permalink blog Anda.
  3. Gunakan long tail keyword.
  4. Pastikan blog Anda bisa diakses mobile.
  5. Pastikan navigasi blog yang baik.
  6. Dapatkan back link dari website atau blog lain.
  7. Sering-sering update.
  8. Stay put.
  9. Tumbuhkan komunitas media sosial.
  10. Pastikan tombol "follow" ada di Blog
Gimana, paham kah dengan 10 tips dasar tadi? Butuh penjelasan lebih lanjut? Please deh, masak saya harus jelasin semua di sini. Mendingan baca sendiri aja lah ya agar lebih gamblang. Silakan adopsi buku ini dari berbagai tobuk offline maupun online, sebaiknya tidak pinjam ataupun fotokopi. Tolong ya hormati penulisnya. Hormaaaatttt graaaakk....


Memelihara Semangat Ngeblog


Pada pembahasan soal bagaimana menjaga semangat ngeblog ini ada banyak hal menarik yang saya temukan. Mba Carra jenius banget ih menyarankan blogger untuk melakukan PIKNIK NULIS. Beneran loh, ide ini segar banget buat saya. Memang sulit sih buat saya terapkan karena terbatasnya waktu. Namun nggak ada salahnya sekali-sekali saya coba.

Penasaran sama PIKNIK NULIS tadi? Makanyaaa... buruan deh baca sendiri buku ini. Ntar di bagian akhir buku ini kita juga bakalan dikenalin sama para headhunter yang 'gentayangan' di blogosphere. Ahahahaa.. ah kasar banget lah ya kok dibilang gentayangan. Maksudnya mereka yang selalu ada dimana-mana dan kemungkinan besar mengajak kita untuk bekerja sama dalam hal penulisan blog. Kalau saya sih terus terang sudah familiar dengan orang-orang yang disebut Mba Carra ini. Familiar dengan namanya, bukan dengan jobnya loh *plaaaaakkk.... *bagi jobnya kakaaaa....

Masih banyak yang harus saya perbaiki lagi dalam aktivitas blogging yang saya lakukan selama ini. Melalui buku ini Mba Carra memberikan banyak informasi bermanfaat yang siap diterapkan oleh siapa saja. Baik itu yang sekedar ngeblog untuk bersenang-senang, ataupun yang tetap ingin bersenang-senang sekaligus ngumpulin pundi-pundi rupiah dari blognya.

Ada gitu yang ngeblognya tidak 'have fun' dan tidak ingin 'get the money'? Yakiiiinnn ???? Pasti belum baca buku ini :)


Uniek Kaswarganti

Mom of two lovely kids, loves reading so much especially on fiction. She prefers listening Genesis and Phil Collins, The Corrs and KLa Project while enjoying her loneliness.

17 comments:

  1. Blogku niche ke selatan ke tenggara #soyokemethak :D

    ReplyDelete
  2. Wah jadi pingin punya bukunya juga aku. Btw mba, klo aku pertama kali ngeblog mmg tujuannya utk bisnis, jaman masih join mlm dulu. Hihi

    ReplyDelete
  3. Nicheku gado-gado hehehehe.. Tapi emang iya, blogging is endless fun. Apalagi aku punya banyak cerita yg mau dishare hehehe

    ReplyDelete
  4. sukaaaa foto-fotonyaaa... ekspresinya mbaknik dapettttt! Iyaa buku makcarra ini kece abiisss.. makasih yaa dirangkumin mbaknik..

    ReplyDelete
  5. Blogku masih gado-gado. :D Mau nernak blog sesuai niche ah :D

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Sebagai seorang penulis buku, anda telah melukai hati penulis buku ini. Enelaaaann....

      Delete
  7. Wah harus beli neh bukunya bahasannya keren habis

    ReplyDelete
  8. makasih infonya, aku negblog karana suka dan senang nulis saja

    ReplyDelete
  9. Akuuuu belum baca bukunya, minta dikeplak penulisnya

    Blogku juga ngalor ngidul, tapi yg penting have fun nulisnya ya mbak

    ReplyDelete
  10. Dimana ya bukuku? Heheheee ada kok punyaku, udah baca, & tetap beli, nggak minta untuk menghargai kerja teman. :D Yang penting memang ngeblog harus fun.... dan dapat uang.

    ReplyDelete
  11. Bacanya sambil nyengir, dari awal sampai akhir.
    #heyitrhymes

    Hahaha.
    Makasih ya, Mbak Uniek. Mau niche apa enggak, mau dimonetize apa enggak, nomor satunya 'have fun'.
    Keep having fun ya!

    Makasih sudah ikutan :D

    ReplyDelete
  12. Buku ini kereeen! Pinjemin donk maknik :)

    ReplyDelete
  13. Pinjem bukunya dong kakaakk #digampar 😂

    ReplyDelete