[Blog Tour + Giveaway] Single Happy - Memori Cinta Anak Kos



Kayaknya kos kita dikutuk, ya?” keluh Hanna. 

“Heh? Kok bisa begitu?” tanya Gani, serius menggasak pizza tuna. Keduanya sedang nongkrong cantik menyantap Pizza Portobello di dekat patung kuda Ngesrep. 

“Ya iyalah. Masa kamu nggak nyadar? Roro ditinggal kawin, Kidung diputusin di hari raya. Aku rasa, kutukan jomblo melingkupi kos kita. Kita akan jones selamanya.” 


Hahaayy....baru tau nih saya ada ya kos yang khusus untuk kaum jomblo. Cuplikan percakapan di atas adalah bagian dari novel Single Happy karya Dewi Rieka aka Dedew yang akan segera merambah ke hati para penggemarnya. Masih bersetting kehidupan anak kos, si emak kos dodol ini kembali mengajak pembacanya 'menggauli' dunia kos yang penuh warna-warni.

Kisah di novel ini diawali dari Rania yang ingin membuat kos-kosan cewek. Ada satu syarat yang cukup unik yang disertakannya saat mencari penghuni kos : HARUS JOMBLO. Ahelaaahh... kenapa begitu ya?

Rania pernah dikecewakan oleh mantan suaminya, yang ternyata adalah lelaki manja dan tidak bertanggung jawab secara finansial. Oleh karena itu Rania bertekad ingin mendidik para anak kosnya agar menjadi perempuan yang tidak tergantung pada lelaki. No pacar... no telepon dari cowok... aneka no no no seperti peraturan di bawah ini : 


Ini kos apa penjara wanita yak? ;)

Proses seleksi anak kos saja melalui tes dengan serangkaian pertanyaan semacam : Jika ada cowok cakep memandangmu, tanggapanmu… A. berbinar-binar meneteskan air liur B. melirik dan sok cuek c. melengos dan kabur. What the ihiks banget kan ya tesnya :))  Bisaaa aja nih penulisnya.

Anak kos yang diterima pun akhirnya bermacam-macam ragamnya. Ada yang memang pejuang jomblo alias nganggep cowok itu gak penting, ada juga yang jomblo syar'i alias menganggap pacaran itu ga boleh. Maunya langsung ta'aruf dengan calon suami. Ada pula yang sebenarnya punya pacar, tetapi demi biaya kos yang murah di rumah Rania, anak kos ini sengaja menyimpan rahasianya.

Ada lagi yang berusaha tabah dan sok move on dari mantan pacarnya yang ninggalin dia nikah. Padahal habis itu dateng ke undangan nikahan mantan dan PINGSAN dong dengan suksesnya ;)

Di antara kesepuluh bocah kos yang diterima, nih ada satu yang unyu-unyu. Asal dari Demak, usia masih 17 tahun, duduk di bangku SMA kelas XI. Meskipun ada larangan menerima telepon dari cowok, Gillian ini paling laris manis dikejar-kejar cowok via telepon. Kulit mulus dan rambut jagungnya memang mempesona.

Setiap kali Rania si ibu kos pergi, maka tak henti-hentilah dering telpon dari para fans Gillian. Kepolosan dan keluguannya di antara member kos jomblo lainnya memang membuat novel ini jadi makin segar saja.

Berbagai kisah patah hati dan di-PHP-in mewarnai buku ini. Nano nano deh ceritanya. Asyik banget dibaca bagi jiwa-jiwa yang lelah *apaseeehh.... :)


Nah, spesial bagi pembaca blog ini, ada satu buku GRATIS untuk kalian. Buku ini bahkan belum edar di toko buku loh. Hayoloooo... masak enggak ngiler buat ngedapetinnya.

Secara berurutan selama sebulan ada piknik blog dari beberapa rekan blogger, yang semuanya membagikan Single Happy secara gratis. Asyik kaaann...

Nah, sama dengan di blog teman-teman blogger lainnya, cara ikutan Giveaway di blog ini gampang banget deh. Simak ya : 
  • Peserta giveaway adalah follower akun twitter @UniekTweety dan @Loveableous. Trus yang belum jadi follower gimana donk? Ya hayuukk tinggal follow kan, satu klik sudah cukup ;)
  • Dengan ikhlas follow blog ini juga ;) Tinggal klik JOIN THIS SITE di side bar sebelah kanan atas tuh, thanks ya.
  • Share postingan ini via akun twittermu, jangan lupa mention kedua akun di atas tadi plus gunakan tagar #SingleHappy
  • Jawab pertanyaan berikut ini di kolom komentar dengan format nama, akun twitter, url share twitter dan jawaban. "Kalau kamu jadi Gillian dan pas menerima telepon dari cowok ada si ibu kos tepat di sampingmu, kira-kira obrolan apa yang bakal kamu lakukan agar tidak ketauan." Jawabannya nanti langsung bentuk percakapannya saja ya, misal : Aih Budhe, iya ini Gillian lagi ga punya uang buat bayar kos, hayuk transfer dong Budhe.... atau apalah gitu yak. Semakin seru, lucu namun logis, maka kesempatan mendapatkan buku gratis ini akan semakin besar.
  • Giveaway ini hanya berlangsung 2 hari, dari tanggal 15 - 16 September 2015. Jika tidak ada aral melintang, tanggal 17 September 2015 akan langsung dipilih jawaban yang paling sip. Ntar buku akan langsung dikirim oleh penerbit ya.
Selain di blog ini, pada tanggal yg sama ada juga loh blog tour di keluargabiru.com. Ikutan juga di sana tentunya akan makin seruuuuu... 

Tunggu apa lagi, hayuukk sini pada ikutan. Matur nuwun....

----------------------

Hai hai helloooo.... pengumuman pemenang giveawaynya di sini saja ya sekalian :)

Terima kasih tak terhingga untuk teman-teman yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk ikutan giveaway #SingleHappy di blog ini. Jawabannya pada lucu-lucu nih, bikin ngikik melulu. Namun apa daya, hanya ada satu buku yang akan dibagikan. Semoga yang belum terpilih tidak kecewa ya. Ayok semangat ikutan blog tour dan giveaway di blog-blog yang lain hingga akhir bulan September.

Yap, jawaban yang saya pilih sebenarnya sederhana saja. Trik khas ala anak kos yang ibu kosnya rada-rada gimana gituh :)  Selamat ya @melfeyadin akal bulusmu untuk ketemuan gebetan meskipun sebentar itu menunjukkan bahwa kamu layak dijadikan pejuang kos jomblo pilihan. Segera DM alamatmu via twitter ke @UniekTweety ya. Hadiah nantinya akan dikirim langsung oleh pihak penerbit.

Uniek Kaswarganti

Mom of two lovely kids, loves reading so much especially on fiction. She prefers listening Genesis and Phil Collins, The Corrs and KLa Project while enjoying her loneliness.

22 comments:

  1. Naning Pratiwi
    Twitter : @chelseas_lovers
    Link Share : https://twitter.com/chelseas_lovers/status/643686321152651264

    Kalau kamu jadi Gillian dan pas menerima telepon dari cowok ada si ibu kos tepat di sampingmu, kira-kira obrolan apa yang bakal kamu lakukan agar tidak ketauan.

    "haduhh,, mana bisa jam segini gue harus nganterin buku gue kesono. Gue aja belum kelar!!! Maaf yaaaa. Besok aja lo dateng pagi-pagi!! Udah deh, gue ngantuk. (Sambil membuka mulut lebar-lebar supaya kelihatan ngantuk beneran. Hohohohoho.. Sesekali ngelirik ibu kos yang lewat.. Hehehee..)
    Byeee!!!!"
    tuutt.. tuttt...

    ReplyDelete
  2. Melly
    @melfeyadin
    https://twitter.com/melfeyadin/status/643701305618239488

    Oh, iya mas kurir, mau anter paket ya? oh iya ya, nggak apa-apa saya ada dirumah. Oh masnya nyasar, saya di jalan dahlia tiga mas, pager warna ijo. Nanti telpon lagi aja klo sudah dekat ya, biar saya samperin keluar.
    *modus sekalian pengen diapelin biar bentar doank* :D

    ReplyDelete
  3. nama: Eda
    akun twitter: @edapoenya
    url share twitter: https://twitter.com/edapoenya/status/643702863521169408
    jawaban:

    "oh, mas gojek yaa.. iya betul di situ rumahku.. buruan datang yaa.. aku tunggu pake banget ya mas gojek. jangan lupa bawa martabak asin kesukaanku."

    ReplyDelete
  4. Nama : Lianny Hendrawati
    Akun twitter : @lianny
    Share link : https://twitter.com/lianny/status/643699542722932738

    Jawaban :

    Apaaa? Budhe besok mau kasih aku donat 3 lusin??? Asyik! Yang selusin bikin yang spesial ya Budhe, mau kuberikan ke ibu kostku yang baik hati. Makasih Budhe sayang. Sampe besok yaaaa

    *lalu besoknya ditagih donat sama ibu kost hehehe :D

    ReplyDelete
  5. nama : pramestya
    akun twitter : @p_ambangsari
    url share twitter : twitter.com/p_ambangsari/status/643755547775229952


    jawaban:
    "Halo... APA??! Putus?! Yang bener?"
    "..."
    "Halah cowok kayak dia aja ditangisin! Mending juga putus, nggak nambah dosa!"
    "..."
    *lanjut ke ceramah-ceramah ga jelas sampai bukos pergi. Stlh itu lgsg sms minta maaf*
    Ini mah modus biar dikira anak sholeha

    ReplyDelete
  6. Nama: Rahmah
    Twitter: @amma_chemist
    URL Share Postingan Ini: https://twitter.com/amma_chemist/status/643788021029076992

    "Oh, kamu Ted? Aku masih ngerjain PR nih... kamu ke sini aja kalau mau belajar bersama. Ajak Uniek dan Vivi sekalian jadi bisa cepat selesai PR-nya. Datengnya jangan malam-malam yah, soalnya kos ku batas nerima tamunya sampai jam 9 malam saja. Okeh, saya tunggu yah!"

    (tutup telpon pasang muka manis di depan bu Kos yang sudah dua kali mondar-mandir gak jelas)

    ReplyDelete
  7. Nama : Widya Miftahul Hasanah
    Twitter : @widyamif
    Share link : https://twitter.com/widyamif/status/643792366965358596

    "Aduh si mamah ... Gampang mah. Cari remote TV nya. Tekan tombol power. Biasanya warna merah. Pencet ... Mati deh TVnya." Tut tut tut *cowoknya ngambek

    "Kenapa mamahnya?" tanya ibu kos.

    "Nggak bisa matiin TV."

    Lalu ibu kos menepuk-nepuk bahu. Dan berkatalah ia, "Kamu memang anak yang berbakti. Nanti ambil ayam didapur ya." *Bengong seribu tanya, dalam hati horeee

    Paginya, fans cowoknya berubah jadi haters tingkat dewa.

    ReplyDelete
  8. Nama : Winursih
    Twitter : @uwienbudi
    Share link : https://twitter.com/uwienbudi/status/643824342686535680

    ~bunyi nada dering di HP Gillian~
    Di layar hape muncul nama : Zurresh
    Ibu kost yang duduk di sebelahnya melirik ke layar HP. Sebelum sempat terbaca, secepat kilat Gillian menyambar HPnya.
    "Halo..." jawab Gillian dengan suara datar. Padahal biasanya suaranya nyaring penuh semangat kalo nerima telepon dari cowok.
    Zurresh (Z) : "Hai, Gi. Lagi ngapain?"
    Gillian (G) : "Nonton."
    Z : "Besok gue jemput, ya Gi."
    G : "What? PeEr? Ough iya, gue lupa. Halaman berapa?"
    Z : "Gue tungguin di perempatan deket kostan kamu, yes."
    G : "Owh.. Halaman 7." <-- kode untuk jam 7
    "Ya udah, besok gue nyontek lu aja."
    Z : ...........

    ReplyDelete
  9. Jadi teringet simbahku jaman SMA. Tahu aja loh kalo yang nelpon itu cowok, pasti langsung ditanyain macem2 >.<

    Kalo aku jadi Gillian paling aku pura-pura sinyalnya jelek soale "Haloo.. halo.. iya, duh suaranya ga kedengeran, telpon nanti aja deh, kalo ibu kosku udah pergi."

    *kemudian dipelototin bukos*

    ReplyDelete
  10. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/643925201474842624

    langsung pura2 ngobrol sama penjual mie ayam langganan:
    "halooo mas apri? sini aja langsung mas. ditungguin di kos, kayak biasanya. nanti saya bayar di sini. apaaa? saya mesti ke situ? lagi rame warungnya? aduuuhh mas. ya udah deh, sekalian jalan2. oh iya, punya saya cabenya 5 sendok lho mas, jangan lupa."

    abis itu pura2 nawarin ke ibu kos:
    "oh iya, bu, mau nitip mie? sekalian mau ke luar. tapi semoga gak keabisan yah. warung mas apri lagi rame."

    pulangnya gak bawa apa2. bilang aja mie nya abis. padahal boro2 mampir. orang tadi ketemuan sama gebetan :p

    ReplyDelete
  11. Nama : Silviana Noerita
    Twitter : @snoeritaaa
    Link share : https://twitter.com/snoeritaaa/status/643942015751729153

    Kalau aku iadi Gillian,
    "Halo buk, uang transferannya sudah masuk kok buk, udah udah makan sama ayam lalapan, iya ini lagi mau belajar, nanti telpon lagi ya buk, Assalamu'alaikum"

    Kemudian melipir ke kamar :v

    ReplyDelete
  12. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Url share twitter : https://mobile.twitter.com/ramadhan_rae/status/643792957552721922?p=v

    Jawaban :
    Gillian : Eh, Tante Koko? Apa kabar Tante? Gimana sama usaha kue cucurnya? Lancar? Syukurlah kalau lancar..
    Apa? Tante butuh bantuan Gillian buat promo-promo? Gampang Tan, nanti Gillian promosiin deh di kosan. Kan mbak-mbak disini pada demen tuh sama kue cucurnya buatan Tante yang sering aku bawa. Oh ya, Tante Rania juga suka lho sama kue cucur buatan Tante. Ya kan Tante Rania?
    *lirik Ibu Kos yang ada disamping*

    Hihihi :v

    ReplyDelete
  13. Nama : Velika Natalia
    Twitter : @VelikaNatalia
    Link Share : Tweet @VelikaNatalia: https://twitter.com/VelikaNatalia/status/644094519206514690?s=09

    Brrtt Brrtt ...📱🎵 #Mbatin(untungakukasinamaMilla)
    Gillian (1) : Hallo, Iya Selamat Sore... Betul saya sendiri.
    Cowo : Hallo Hallo Lu lagi ngapain???
    Gillian (2) : Bentar-Bentar bisa diulangi? Saya terpilih nge-review buku apa? #SingleHappy? Waaawwwwww awrr
    Cowo : #SingleHappy? Oi inget gue cowo km mbak yu!! Kenapa si kamu??? Ada orang ya disebelahlo?
    Gillian (3) : Iya ini orangnya ada, saya lagi dengerin kok. Oke saya akan nge-review malam ini juga.
    Cowo : Owwhh kirain km mau jadi single lagi! Ngobrol donk kalau doi disebelah lo!! Ya udah pokoknya besok abang jemput di kampus. Oke :).
    *Telp Mati udahan (Tut Tut Tut.....)
    Gillian : Iya besok siang pasti bisa diliat di blog saya purnapurninatatuli.blogspot.com Terima kasih saya seneng banget ngedengernya. #YangTerakhirNgomongDewe

    hahaha ngarang mode on. Terima kasih sudah membaca Terima kasih #SingleHappy #BlogTour

    ReplyDelete
  14. Nama : Reni Judhanto
    Twiiter : @ReniJudhanto
    Link Share : https://twitter.com/ReniJudhanto/status/644146256931983361

    Kira-kira seperti ini yang dikatakan Gillian pada cowok yang meneleponnya (Santo namanya) saat dia ada di dekat ibu kost nya.

    "Haloo... ya ampun San, kamu lagi. Kan sudah ku kasih tahu dari kemarin-kemarin, jangan telpon aku. Batreku ntar ngedrop lagi ngedrop lagi kalau terima telpon. SMS ajalah... lagian percuma kamu telponin aku terus, aku belum dapat ide apapun untuk PR ketrampilan kita. Oke Santi sayang... ngerti kan maksudku. Oh apa..? Oke oke... ntar aku coba tanyakan. Sudah ya Santi sayang, keburu ngedrop nih hapeku. Byee..."

    Setelah nutup telpon Gillian memandang bu Rania sambil tersenyum manis dan berkata "Bu tadi yang nelpon Santi, teman saya. Dia menganggap Ibu pasti bisa memberikan ide keren untuk PR ketrampilan kami. Besok kami harus membuatnya di sekolah Bu, padahal sampai saat ini kami belum ada ide, Bu"

    Dan... Bu Rania yang merasa terharu plus tersanjung berpikir keras mencarikan ide PR untuk Gillian, sementara Gillian sibuk SMSan dengan Santo

    ReplyDelete
  15. Apa.......? Kamu nyasar. Trus kamu sekarang dimana.....oh ya..ya... Ya udah kamu sekarang tenang. Kamu sekarang jalan keluar trus kalau udah nyampe portal kamu cari angkot. Trus kamu bilang ke supir angkotnya kalo kamu mau keterminal...ya ngerti kan kamu....dan mukaku pura'' panik deh di dpn ibu kos. Dan ibu kos juga ikut ikutan panik kayak aku..... Lucu banget kan pdhal dia aku bohongin... Hehehe....dan aku langsung melipir deh masuk kamar...sukses deh tuh ibu kos ketipu aku tipu...
    Nama: Lenny .H.
    Twitter : @Lenny66677291

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Apa.......? Kamu nyasar. Trus kamu sekarang dimana.....oh ya..ya... Ya udah kamu sekarang tenang. Kamu sekarang jalan keluar trus kalau udah nyampe portal kamu cari angkot. Trus kamu bilang ke supir angkotnya kalo kamu mau keterminal...ya ngerti kan kamu....dan mukaku pura'' panik deh di dpn ibu kos. Dan ibu kos juga ikut ikutan panik kayak aku..... Lucu banget kan pdhal dia aku bohongin... Hehehe....dan aku langsung melipir deh masuk kamar...sukses deh tuh ibu kos ketipu aku tipu...
    Nama: Lenny .H.
    Twitter : @Lenny66677291

    ReplyDelete
  18. Nama: Gestha Reffy
    Twitter: @AltGST
    Link: https://mobile.twitter.com/AltGST/status/644164304627875840?p=v

    "Halo-halo? Apa? Hah? Apaan? Nggak kedengeran nih. Halo? Aduh... Suaranya nggak jelas. Ntar telpon lagi aja ya sob. Bye." *nyengirlebarkeibukos* *kaburmasukkamar*

    ReplyDelete
  19. Nama : Rina Eko Wati
    Twitter : @HikariMio
    Link Share : https://mobile.twitter.com/HikariMio/status/644181542852423680?p=v

    Kalau kamu jadi Gillian dan pas menerima telepon dari cowok ada si ibu kos tepat disampingmu, kira-kira obrolan apa yang akan kamu lakukan agar tidak ketauan?

    Ya. Oh, ada paket?
    Tidak, aku tidak di rumah.
    Tinggalkan di kotak surat.
    Tidak muat lagi?
    Lemparkan saja di depan pintu.

    ReplyDelete
  20. Ah, kalo aku jadi Gillian, paling cuman senyum2 aja. Dan ngomong dikit.

    "Hmhmm... iya, oh gituu... hmhmmm oke, udah ya nanti telpon lagi. Ada mak rempong dengerin rumpian kita,"

    Trus Bukost nya menteleng, ngusir keluar dan nyuruh cari kost baru ^_^

    ReplyDelete
  21. Asik, makasih mbak Unik, mbak Dedew dan Loveableous ^^

    ReplyDelete