Tak Perlu Ahlinya untuk Bisa Sukses Bisnis Online



Judul Buku  : Sukses Membangun Toko Online

Penulis        : Carolina Ratri
Penerbit      :  Stiletto Book
Editor          :  Herlina P. Dewi
Layout Isi    :  DeeJe
Desain Cover  : Teguh Santosa
Proof Reader  : Weka Swasti
Jumlah Halaman   : 203
Cetakan pertama  : Juli 2014
ISBN                   : 978-602-7572-29-4



Pernahkah mendengar tentang apa itu bisnis online? Pahamkah kita apa sebenarnya itu bisnis online? Saya sih lebih dulu paham berbelanja online dibandingkan memahami pengertian bisnis online itu sendiri :) Jujur saja ya, siapa yang sama dengan saya? ;)

Ya, kemudahan teknologi internet memang membuat kita makin mudah saja berbelanja di berbagai toko online yang tersebar di seantero jagat maya. Apalagi kalau ingat belanja baju dua potong aja harus capek-capek pergi ke pasar yang sumpek, atau antri berjam-jam di mall. Tentunya lebih praktis berbelanja online saja, tinggal klik klik pada barang-barang yang ingin kita beli, transfer, tadaaaa... selang beberapa hari barang sudah sampai di rumah. Praktis dan tidak makan waktu.

Nah, pernahkah kita kepikiran untuk membuat sendiri toko online itu? Jadi tidak hanya gemar belanja saja ceritanya. Apalagi untuk kaum ibu seperti saya nih, suka kan ulak-ulik berbagai online shop dan gemes sekali pengin borong semua barang yang dijual di situ. Kenapa bukan barang dagangan kita saja yang nantinya digemesin orang lain, lebih asyik kan tentunya?

Perempuan bisa lebih jeli dalam mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan dan calon pelanggan. - hal. 13

Perempuan itu suka sekali berbelanja, bahkan fakta membuktikan perempuan lebih mudah terbujuk untuk membeli, baik di toko offline maupun di toko online. Inilah yang menyebabkan kenapa perempuan bisa lebih jeli dalam mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Pengetahuan tentang selera pasar inilah yang menjadi kekuatan dalam menentukan produk-produk apa saja yang ingin kita pasarkan di toko online milik kita sendiri.

Sulitkah membuat toko online?

Sebelum menjawab pertanyaan tadi, mari kita kembali lagi pada berbagai alasan mengapa kita berbisnis online. Ada berbagai fakta yang tersaji bahwa kebanyakan  jualan online yang sukses berasal dari kelompok ibu rumah tangga, seperti yang dikatakan oleh William Tanuwijaya, Ketua Dean Pengawas Asosiasi E-commerce. Kegemaran ibu-ibu untuk berbelanja, hasrat untuk mendapat hiburan maupun ngerumpi, juga posisi perempuan sebagai pengambil keputusan saat berbelanja, sebernarnya kalau kita cermati lebih lanjut merupakan kekuatan khas dalam membangun toko online.

Loh kok bisa ngerumpi dikatakan sebagai kekuatan dalam berbisnis online? Tentu kita jangan hanya membayangkan perempuan itu suka gosip artis atau memperbincangkan kejelekan orang saja. Bawaan perempuan yang khas ini sebenarnya potensial sekali digunakan untuk mnyebarluaskan informasi produk-produk yang dijualbelikan. 

Tak percaya? Dalam ilmu marketing ada loh yang dinamakan dengan viral marketing. Viral marketing ini sudah seperti virus, menular dan menjalar kemana-mana. Dari mulut ke mulut, persis seperti proses ngerumpi tadi. Perempuan tak akan malu menyebarluaskan informasi tentang produk-produk baru yang dimilikinya. Nah, bukankah ini menjadi penyaluran insting ngerumpi yang sungguh wow keren ;)

Jadi, sulitkah membuat toko online?

Setelah mengetahui kekuatan yang ada dalam diri kita, tentunya sudah tidak ragu lagi membulatkan tekad untuk membuka toko online. Banyak kemudahan yang akan kita dapatkan saat menjual barang di toko online dibandingkan harus membuka toko offline yang tentunya memakan biaya yang sangat besar, baik untuk menimbun stok barang maupun operasional toko.

Di buku Sukses Membangun Toko Online ini, penulis memaparkan dengan sangat detail persiapan membuat toko online. Tak perlu ahlinya, siapa pun bisa sukses bisnis online. Secara perlahan-lahan dan runtut, penulis memandu kita mulai dari persiapan membuka toko online, cara membuat situs web toko online, mengatur konten toko online, mempercantik - mempromosikan - menganalisis toko online yang kita miliki.

Saya tidak paham desain web.
Nggak tau sama sekali bahasa HTML nih...
Tidak ada kemampuan bikin desain ilustrasi, mana bisa?

Pertanyaan dan pernyataan di atas sering terucap saat kita akan memulai untuk membangun bisnis online. Minimnya pengetahuan dan kemampuan seringkali dijadikan 'kambing hitam' untuk stagnan. Justru untuk menghilangkan stigma di atas, penulis menyusun buku ini agar para pembaca tau, membuat toko online itu tak sesulit mendayung perahu di tengah rawa kering yang penuh buaya ;)

Dari bab awal penulis memaparkan dengan teliti persiapan membangun toko online, mulai dari sistem penjualan yang akan digunakan, produk apa yang akan kita tawarkan kepada calon pelanggan, jasa pengiriman apa yang layak, alur pemesanan yang mudah untuk penjual maupun pembeli, hingga branding toko online kita agar berada di halaman pertama google search engine. 

Yeay, penting banget nih yaaa... apalagi saya sendiri juga punya toko online rajut yang belum lama saya isi dengan beberapa macam produk yang selama ini hanya saya jual via facebook saja. Lumayan sih jualan di facebook itu. Cuma ya itu, gak bakalan ke-detect google saat orang browsing mencari aksesori wanita dengan genre rajutan (jualan saya selama ini). 

Sekali toko online kita dikenal dan dihafal, orang akan cenderung mengingatnya jika suatu saat nanti dia membutuhkan informasi produk, - hal. 29
Alamat situs web yang kita buat sangat penting sebagai petunjuk calon pelanggan untuk mendatangi toko online kita. Oleh karena itu penulis juga menyertakan berbagai tip membuat nama toko yang menarik. Apa saja itu? Sebaiknya baca langsung di bukunya ya agar lebih jelas dan terinci.

Tak hanya prosedur persiapan dan pemilihan alamat toko online saja yang dipaparkan oleh penulis. Tahap-tahap praktis pembuatan toko online dijabarkan dengan sangat terinci dan mudah sekali dipahami, bahkan oleh seseorang yang belum pernah ngeblog sekalipun. Penulis nggak pelit berbagai ilmu dasar ngeblog yang digunakan sebagai basis pembuatan toko online di buku ini.

Bahkan bocoran-bocoran untuk mempercantik toko online pun disebar berlembar-lembar. Saya saja sampai kegirangan sendiri baca buku ini. Sudah ngebayangin aja nanti lapak rajut saya mau saya bikin apa ;)  Dengan asumsi tidak mendesainkan toko online kita di web designer, penulis menuntun pembaca untuk mengetahui seluk beluk mempercantik blog. Bahasanya yang ringan dan mengalir membuat saya tak melewatkan sedikit pun informasi-informasi yang memandu saya untuk mengetahui lebih jauh langkah-langkah berikutnya. Ada panduan template untuk toko online yang akan kita buat, lengkap dengan alamat situs-situsnya. Tinggal unduh template tersebut, ikuti langkah-langkahnya, semua tersaji dan dijelaskan dengan gamblang.


Selain panduan teknis membuat toko online, di buku ini juga ada tip untuk manajemen konten toko online, bagaimana agar pelanggan dan calon pelanggan bisa "melihat" karakter kita dari halaman situs web toko online yang kita miliki (hal. 57). Jangan sampai ya barang-barang yang kita jual bagus kualitasnya, tetapi kita malah serampangan menampilkannya di toko online. 

Manajemen konten ini sebenarnya lebih berhubungan dengan database produk maupun penataan barang di web secara visual. Sama lah dengan yang dilakukan di toko offline, tentunya kita memajang barang dagangan dengan cara yang benar agar lebih menarik untuk dilihat. Di buku ini, penulis mulai mengulasnya dari halaman interface, posting produk, menambahkan foto-foto yang menarik, hingga membuat halaman-halaman khusus yang mendukung toko online.

Yang tidak boleh dilupakan : usahakan menjadi trendsetter dan mengikuti mode (hal. 166). Ini bukan berarti kita latah dan ikut-ikutan menjual barang laris yang ada di toko online yang lain. Namun bagaimana strategi kita untuk terus up to date dengan trend terbaru. Kita bisa memanfaatkan Google Trends untuk melihat apa yang sedang menjadi highlight saat ini. 

Apa itu Google Trends? Bisa langsung dikulik di buku ini ya, penulis secara kumplit plit membagi ilmunya ke kita :) Termasuk juga penggunaan auto posting promotion melalui twitterfeed, hootsuite dan tweetdeck. Nah loh, apaan lagi tuuuuhhh....

Sejujurnya, hingga sampai ke halaman terakhir buku ini, saya belum menemukan kelemahan dari panduan Sukses Membangun Toko Online ini. Hanya beberapa salah tulis macam begini : harusnya alur pemesanan ditulis jalur pemesanan (hal. 26) dan pada halaman 131 saat penjelasan tentang feed, tertulis "Gantilah kata-kata yang bergaris bawah" padahal sama sekali tidak ada kata yang ada garis bawahnya. Tentu saja typo semacam ini sama sekali tidak mempengaruhi isi buku panduan yang dikemas dengan apik dan detail oleh penulis.

Buku ini sangat saya rekomendasikan untuk semua orang yang berpendapat bahwa untuk membuat toko online itu harus orang yang ahli. You really need to prove it. Itu juga yang akan saya lakukan setelah membaca buku ini. Sudah terbayang nih blog craft saya mau diapain ;)

Nah, untuk pembaca setia blog buku ini, saya punya dua buah buku Sukses Membangun Toko Online yang akan saya bagikan gratis bagi siapa saja yang bersedia mengikuti giveaway kecil-kecilan di postingan ini. Caranya gampang banget kok, jawab saja pertanyaan dari saya berikut ini langsung di kolom komen. Bagi yang sudah membaca review dengan seksama pasti bisa dong menjawabnya :)
Toko online apakah yang ingin Anda buat setelah membaca review di atas? Mengapa?

Simple dan enggak susah kan pertanyaannya? Yuk buruan ikutan ya, jawaban saya tunggu hingga tanggal 19 Juli 2014 pukul 23.59. Cukup kan ya waktu 5 hari untuk menjawab pertanyaan tadi :)  Nanti hadiah akan langsung dikirim oleh pihak Stiletto Book.

Selain di blog saya, sahabat bisa ikuti juga blog tour di blog Rahmah Chemist yang akan tayang mulai tanggal 20 - 24 Juli 2014. Oke, silakan berikan jawaban terbaik dan terkreatifmu. Buku keren ini sudah menanti untuk segera diadopsi oleh dua orang yang beruntung.


Uniek Kaswarganti

Mom of two lovely kids, loves reading so much especially on fiction. She prefers listening Genesis and Phil Collins, The Corrs and KLa Project while enjoying her loneliness.

59 comments:

  1. komen ah...siapa tahu mujur dapat hadiah gratis buku keren mak Carra...kalau enggak menang yang biar dilempar mak Uniek pakai buku juga haha...
    toko online yang ingin kybuat adalah:
    1. toko buku karena memang selama ini sudah jalan angin-anginan...siapa tahu jika mempraktekkan kiat-kiat dari mak Carra jadi oke...
    2. Toko barang kenangan,. yaitu oleh-oleh yang akan saya borong di negeri lain atau tempat-tempat jauh . jadi menjual cerita tentang suatru barang sehingga memiliki nilai lebih...
    Nah itu saja kok ....soalnya kalau mau jual beberok terong nggak mungkin online...gitu ya mak uniek yang cantik.

    ReplyDelete
  2. Ferdy Bookelmann (www.ferdiasbookelmann.wordpress.com)
    Pengen jualan furniture & home decoration, alasannya memang ini bisnis yang saya geluti dari dulu hingga saat ini. Selain itu saya memiliki kesenangan di bidang disain interior dan disain produk. Semoga bisa dapet gretongan ....hihihi.... @ngarep.com

    ReplyDelete
  3. Kalau aku pengen punya toko online yg khusus menjual kertas2 daur ulang beraneka ragam buatan sendiri (tapi tentunya sy perlu belajar dulu memproses kertas daur ulang)
    Karena sepertinya belum terlalu banyak yg jual kertas2 daur ulang via online, dan belum banyak juga yg tertarik buat beli.

    ReplyDelete
  4. Sukses GA-nya mak Uniek...

    Passive Income dengan Toko Online? Hayuuuukkk...

    ReplyDelete
  5. Wah, buku yg ditunggu2 akhirnya keluar juga! :')

    Aku kepengin dan niaaaat banget punya toko online karpet yg menjual karpet Dr Iran dan karpet kilim dari Turki. Udah, dua itu aja jenis karpet yg mau kujual.

    Kenapa? Karena ternyata peminat karpet atas kilim Turki itu buanyak sekali. Aku pernah jajal open PO sekali, responnya lumayan besar. Yang order mencukupi kuota yg aku targetkan (sekitar 8 buah dgn berbagai ukuran). Dan sampai sekarang, setelah PO berakhir selama 4 bulan, masih banyak sekali yg nanyain ttg kilimnya.

    Maka itu aku berharap banget (sambil berusaha sejak skrg) bisa mewujudkan toko online karpetnya. Yg diimpor langsung dari Iran dan Turki.
    Aamiin. Aamiin. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Ikutaaaaan :D

    Sebenernya sih aku lagi merintis toko online kaos anak yang bertulis berbagai cerita dan campaign.
    TAPI,
    Setelah baca reviewnya mak Uniek ini..
    Jadi pengen buka toko online yang jualan jasa desain dan sosial media khusus toko online. Iya, jadi toko online untuk toko online :D
    Yang dijual adalah jasa pembuatan logo, pamflet, pernak pernik desain untuk web dan sosial media, foto produk (kalau jarak ownernya terjangkau), sampai layanan 'ngurusin' sosial media toko tersebut.
    Karena seperti yang mak Uniek review.. Banyak yang mundur dari niat toko online karena kesulitan di urusan visual begini.
    Sebagai mamak yang bisa dikit-dikit desain grafis, fotografi dan paham seluk beluk sosial media, pengen banget buka toko online JASA MEMPERCANTIK ONLINE SHOP dengan harga yang mengerti sesama mamak-mamak. Hihihihihi :D

    ReplyDelete
  7. Naksir banget buat bikin toko online makanan tradisional daerah. Biar bisa bantu ukm-ukm untuk go internasional.. hehe

    ReplyDelete
  8. Ikutan ya Mba Uniek...

    Aku sebenernya udah punya bisnis sampingan jualan baju anak-anak, tapi di facebook...setelah baca reviewnya Mba Uniek, klo jualan di facebook " ga bakalan ke-detect google saat orang browsing" wah, langsung "mak jleb" betul banget nih kata-kata mba Uniek..

    Jadi aku langsung punya ide buat MELEBARKAN SAYAP jualan baju anak melalui web, jadi Toko Online, biar kalau orang browsing di google, nama online shopku bisa ke- detect deh ;)
    Nah kebetulan juga suamiku jadi reseller domain, sapa tau di gratisin domain ma dia...(xixixixi...jiwa gratisan emak-emaknya langsung muncul :p )

    ReplyDelete
  9. Jawaban saya.

    1. Membuat toko online yang menjual buku.
    2. Alasan "

    a. Saya sudah menerbitkan beberapa buku. Akan saya jual di toko online milik saya sendiri
    b. Buku tak pernah sepi peminatnya
    c. Buku juga tak basi

    Demikian jawaban saya
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  10. Saya sudah punya toko online yang menjual buku dan flanel. Walo masih kecil dan pake blog gratisan, hihihi. Pengin banget dapet bukunya biar bisa berkembang. Soalnya buku yang dijual bermacam-macam, bahkan koleksi lama juga ada, lho. Kalau flanel, juga ada kreasinya yang berbentuk buku. Klop! Kali aja lewat baca bukunya, bisa meningkatkan omzet sampai milyaran *aamiin, ngayal dikit boleh lah hihi

    ReplyDelete
  11. Akhirnyaaaa.... Buku yang saya tunggu-tunggu akhirnya nongol juga. Udah niat buka toko online dari tahun kemaren. Nyari referensi di Google ternyata gak komplit. Alhamdulillah sekarang ada referensi yang oke punya.

    Saya pengen buka toko buku online. Hehehehehe, mainstream banget yak! Meski menjamur, toko buku online masih akan diminati selama masih banyak yang suka baca dan nimbun buku *eh. Rencananya gak cuma jual buku aja sih, Mbak. Saya mau jual pernak-pernik lainnya yang masih berhubungan dengan buku seperti pembatas buku, sampul, goodie bag, kaset film yang diadaptasi dari novel, sama kaos. Semuanya saya desain sendiri biar beda dari yang lain. Hehehehehe. Alasannya, pertama saya sangat suka baca buku. Kedua, saya mau menghasilkan uang dari hobi saya karena calon suami gak mengizinkan saya bekerja di luar jika kami menikah nanti. Ketiga, saya ingin mengkampanyekan gerakan gemar membaca. Goodie bag dan kaos yang saya desain mudah-mudahan bisa berkampanye dan menyadarkan masyarakat untuk giat membaca. Media macam kaos dan goodie bag itu kan bisa dipake ke mana-mana otomatis orang pada liat tulisan dan desainnya dong ya...

    Doain ya, Mbak, semoga toko buku online saya bisa terealisasi. Aamiin :)

    Fitria Mayrani (@mayranee/Palembang)

    ReplyDelete
  12. Hm... kepikir pengen buat toko online yg menjual tas-tas cantik hasil karya kakakku.. atau kue2 kering hasil tangan dingin adikku? atau dua2nya kalau mungkin.. hehe...
    Alasannya, gemes lihat hasil tangan terampil yg belum dihargai sebagaimana mestinya.. :)
    Sukses GAnya ya, Dik.. :)

    ReplyDelete
  13. aku punya dua toko online walau di blog gratisan, satunya jual buku anak, satu lagi nano spray, pengen banget deh blogku bisa menarik pengunjung lebih banyak, kedetect di gugel dan omzet naik, bukunya cucok bangeet nii buatkuu..

    ReplyDelete
  14. Saya insyaalloh ingin membuka toko online paket perlengkapan pribadi umroh atau haji.

    Alasannya sangat simpel. Selama ini seringkali saya lihat para jamaah umroh/haji bingung menginventaris perlengkapan pribadinya (non make-up). Sehingga banyak barang (terutama pakaian) yang dibawa, padahal di Saudi akhirnya cuma beberapa helai baju saja yang dipakai. Itupun sebenarnya bisa disiasati dengan mencuci di sana. Atau membeli baju di Saudi yang relatif lebih murah dibandingkan di Indonesia. Sekaligus bisa merampingkan koper saat berangkat, kemudian mengisi dengan oleh-oleh seperlunya.

    ReplyDelete
  15. Ikutan Mbak
    Pengen banget punya toko online souvenir pernikahan, barang-barangnya udah ada di rumah sebagian, hasil hunting kemana-mana tapi terkendala sama foto nih, kok susah banget untuk memoto yang menarik ya :(
    Semoga beruntung mendapatkan buku Mak Carra, supaya tau tips trik membuat toko online yang menarik :)

    ReplyDelete
  16. Pingiiiin...(pake ngeces)
    Sebelumnya tidak pernah tertarik sama yg namanya bisnis ol. Tapi suatu saat iseng up load foto flat shoes imut di fb ternyata dapat sambutan hangat..sampai ada beberapa teman yg jadi reseller dan dipajang di ol shop mereka. Gak kebayang kalau sampai bisa punya ol shop sendiri...punya blog kaya Uniek...insyaallah pasti seru. Selama ini terkendala oleh anggapan 'susah',"gak bisa','ribet"...karena memang untuk urusan dunia maya saya gak sejago mak Uniek. Makanya ayo sini kirim bukunya ke saya and I'll prove that I can be as good as you,dear Uniek.:). Tapi kalo takut kesaing sih gak usah lah :p..

    ReplyDelete
  17. Reviewnya bikin terharu T___T
    Makasih Mbak Uniek...

    Semoga bermanfaat yaaa... Semoga sukses dengan toko online rajutannya ^^
    Makasih udah mau direpotin...

    Cini peyuk....
    Hahahahaha....

    ReplyDelete
  18. jualan bahan2 untuk buat kerajinan tangan. seperti kertas fancy, glitter, magnet, pita-pita, gunting, pembolong kertas, aneka lem dan cat air, kawat-kawat, kabel, baterai, lampu kecil warna-warni, solar cell. pokoknya apa pun yang bisa dipakai untuk buat prakarya anak perempuan dan juga anak laki-laki.

    ReplyDelete
  19. Duluuu banget pengen buka toko online. Bener banget kalo mba Uniek bilang, calon pemilik toko belum-belum udah ngepeer duluan karena bingung gimana cara ngejual di toko online. Ribet deh bagi orang yang baru bisa ngeblog dikit maam dakuw hahaha...

    Yang jelas aku punya impian mau jualan oleh-oleh haji. Seperti menyediakan sajadah, kerudung, phasmina, kacang arab, kurma dll. Jadi orang yang mau berangkat haji tidak perlu repot mikir nyiapin apa yang kudu dibeli. Cukup klik toko online-ku, selanjutnya aku yang akan mengurus pesanan mereka. Nah, yang berangkat haji bisa konsen ngurus ibadahnya aja.
    So, buku ini cocok banget untukku. Sebagai panduan untuk buka toko online Oleh-Oleh Haji :)

    ReplyDelete
  20. Aku pengen buka toko online jualan segala macam merchandisenya Mak Irits, seperti kaos, boneka, dll Moga kesampean dan moga lariis ehehe

    ReplyDelete
  21. Ikutaann ^^ sapa tau menang hehehe

    1. Aku sebenernya pengen banget punya produk real yang bisa dijual secara online. Bukan berupa digital file, karena memang tingkat kesuksesan yang punya barang real kayaknya lebih tinggi. Udah kepikiran si, mau jual apa tapi kayaknya pesaing sudah banyak. Walaupun begitu niat untuk membangun toko online sudah sangat tinggi. Sesuai tren saat ini, jualan hijab sepertinya menguntungkan banget. Dengan tingkat pengguna hijab dari anak kecil, remaja, sampai orang dewasa ada banyak pasar yang bisa digarap sebetulnya. Belum tau kapan mau mulai karena masih riset produk yang bagus dan layak dijual ^^

    2. Kenapa bikin toko online? hmm daripada berjualan melalui sosial media yang sekedar tren, toko online sifatnya lebih long lasting. Saya sudah banyak mengamati pasar melalui sosial media yang akhirnya tidak berlangsung lama. Sedangkan dengan membuat toko online, akan mendapatkan komunitas tersendiri, pasar sendiri, dan tentu saja promosi marketingnya bisa gratis yaitu melalui google.

    ReplyDelete
  22. Entah kenapa rasanya buku tema toko online yang ini kok ya lebih sreg gitu, apa karena kenal sama penulisnya ya? *ngaku2 :D
    Kalau ditanya mau jualan apa dengan toko online, penginnya sih segala macam dijual, hihiii... tapi setelah ditelaah lagi, yang masih jarang sepertinya toko online yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas seluruh nusantara. Karena berdasarkan pengalaman sering ke luar kota, oleh-oleh dari setiap kota itu unik dan enak. Satu lagi, pengin jualan tas etnik buatan nasional, yang semoga yang ngelirik bisa dari kalangan internasional. Sukses Mak Uniek GA-nya, sukses juga Mak Carra buat bukunya.

    ReplyDelete
  23. Pengen jualan baju muslim khusus anak dan pra remaja ... Pengen jualan baju muslim anak soalnya biar kalo beliin baju anak kagak kemahalan kayak di depstore yang harganya udah ga masuk akal. Kalo yang baju muslim khusus pra remaja pengalaman nyari baju susah banget soalnya ukuran anak-anak ga muat baju remaja masih kegedean. Merk-merk lokal aja, yang penting bahan adem dan harga terjangkau

    ReplyDelete
  24. Aku naksir banget nih bukunya.

    Aku sudah buka Online Shop cosplay sejak 2011. Tapi hanya bergantung pada Facebook dan Fanpagenya. Kita samaan mak. ^^ Ehehehe

    Pingin deh punya web yg ciamik dan trendi yang denger-denger bisa menggaet pasar lebih luas dan besar. All hail google! [plak]

    Apalagi OS ku berputar pada cosplay items [costume player], seputaran wig, softlens, make up.
    Namun karena banyaknya barang yang dijual [terutama yang pre order], customer suka ngeluh "Gimana cari barang yang sesuai sih? Albumnya banyak bener, kuota habis nih!"
    Nah, kayaknya kalau punya web, bakalan ngebantu banget deh! Kan ada fasilitas SEARCH yang ga ada di facebook. Juga short by prize. Jadinya, cust lbh enak juga. Dan aku juga [mungkin] akan lebih enak krn ga usah kasih rekomendasi barang yang sesuai budget setiap ada org yg PM ke fanpage. langsung proses order. eheheheh

    Trus kalau di facebook, aku 'mati gaya' kalau posting di luar konten produk. Entah khawatir OOT, entah apa. kalau di web, Kan mungkin nanti diajarkan cara bikin blog juga untuk posting sesukanya. Supaya bisa menjadikan konten web lebih menarik org2 di mesin pencari. Kan pasti lebih TE O PE BE GE TE!

    Aku pernah coba buka google trends saat nyoba bisnis affiliate amazon, trus "Siiing... bingung... tutup lagi" wakakakaak Harapannya smoga bs belajar lebih banyak dr buku ini.

    Apalagi tweetdeck, hotsuit, ga ngerti deh. Dulu pernah sempet coba tweetdeck di PC lama [sebelum Rest not Peace kena bad sector]. Cuman yah, cuman buat nge-stalk twitter2 idol doank. ga dipake buat dagang. Wah, bs tho dipake buat dagang? Seru nih kayaknya.....

    Nah... karenanya, kalau web untuk OS cosplayku dah bagus, siapa tahu, aku juga bisa 'nyelipin' barang dagangan dr Circle Comic-ku [sekumpulan org yg ngebuat merchandise anime buatan sendiri]. Jadi kalau tiap ada event sejenis Comifuro, bisa skalian jadi ajak promosi. Uhuy!

    Eh dah kepanjangan jangan2 nih komen... kebiasaan deh aku suka lupa berhenti kalau dah nulis.
    Oke deh......Makasih mbak atas kesempatannya, dan semoga aku bisa memenangkan bukunya jd bisa lekas ngebenerin website toko Cosplayku! Aamiin

    ReplyDelete
  25. Pengin bikin toko online pernak-pernik atau barang yang unik dan lucu-lucu. Alasannya sih karena aku suka banget liat barang lucu2 yang dipajang di sebuah toko / mall. Anak-anakku juga suka. Jadi kami bisa berjam-jam ngliatin barang2 lucu tsb, ujung-ujungnya sih beli ( tapi cari yg murah meriah sesuai isi dompet ) meskipun cuma satu biji aja hahaha. Puas banget cuci mata liat barang unik dan lucu. Tapi kalau di toko2 dalam mall yg terkesan mewah, kadang-kadang takut juga sih mau masuk buat liat2. Kecuali kalau sedang banyak pengunjung, ikutan deh masuk nanti kalau ternyata harganya mahal-mahal cepet2 ngloyor keluar, takut ditawar-tawari. Nah, kalau di toko online kan, bisa liat2 gambarnya sepuasnya deh, kalau tertarik tinggal klik beli, kalau ternyata harganya selangit ya tetap bisa menikmati gambarnya, nggak perlu malu atau sungkan, lha yang liat kan cuma si laptop :D

    ReplyDelete
  26. Maaaakk...akupun pernah punya toko online perlengkapan tempat tidur ( Sprei, sarung bantal ), tapi yaaaa..itu tadi masih 'dudul' untuk mempercantik dan menarik pelanggan, ( pokoke durung mudeng toko online ) jadinya macet !!!

    Nah, setelah baca review ini, kok kepikiran mau buka toko online lagi, tapi kali ini pengin banget buka Toko Online Perlengkapan Bayi sekaligus desain kamar buat bayi dan anak - anak :)

    Alasanya : Selain aku termasuk Mamak suka bayi dan penyayang bayi...hihihihi tentulah yaa....juga suka gemes banget kalo liat barang - barang yang imut, cute ..kayaknya seru kalo di pajang di toko online dengan desain yang lucu. Dan yang pasti perlengkapan bayi selalu banyak di cari oleh ibu - ibu masa kini, yang punya banyak kegiatan selain bekerja di kantor sehingga tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan perlengkapan untuk kehadiran sang buah hati.

    ReplyDelete
  27. Ini dia kemaren liat di wall nya mak red carra :v
    ternyata buku toh,selamet yaa..

    Sangat berminat dengan toko online, kayanya pengen buka toko onlen sendiri di bidang jasa ajah deh :) misal, jasa seo, konsultan internet marketing dan bisnis online

    Alasan :
    Nah pengen bantu aja temen2 yang punya toko onlen. Banyaknya toko2 online yang ada, sebagus apapun toko onlen sangat sayang kalo ndak muncul di halaman pertama google. Setiap toko online pasti pengen toko jualannya mejeng pejwan dengan keyword2 yang di butuhkan :)
    Bagaimana caranya toko onlen anda rame pengunjung? Mau kan muncul di pejwan? silahkan hubungi saya :v

    *berandai2 andai ini namanya Maak :v

    Sukses #eeaa GA nya

    ReplyDelete
  28. Jualan online sih sering, jual buku sendiri. Tapi khusus punya toko online belum, euy. Sesuai pengalaman, kayaknya kalau pengin punya toko online ya tobuk online dulu, deh. Jualan buku sendiri dan buku2 yang menarik, atau by request. Kayaknya itu udah asyik, dan bisa memuaskan nafsu belanjaku haha.
    Eh, kalau kerja harus profesional, ya? Jangan asal? Hem, jadi pengin baca bukunya, nih, Mak. Kali2 bisa jadi side job lainnya :)

    ReplyDelete
  29. Sejak Mak Carra pengumuman buku ini mau keluar, saya udah ngiler pengen punya. Tambah lagi baca review Mak Uniek, waah jadi kebelet pengennn...hayoo tanggung jawab, hehe.

    Ikutan yaa...

    1. Pengen punya toko online aksesoris handmade (bros, jepit, bando, bandana, ikat rambut, dsb). Aksesoris buatan saya sendiri ini baru dijual di facebook dan twitter. Beberapa bulan yg lalu saya berhenti berjualan karena tidak sanggup membuat pesanan dalam jumlah besar. Maklum, saya riweuh tea dengan urusan rumah tangga dan usaha toko obat. Sekarang saya lagi ngumpulin bikin aksesoris yg banyak sebelum dijual secara online. Doain ya. Aamiin.

    2.Alasannya? Aksesoris handmade buatan saya ini limited, lho. Tidak diproduksi masal dan dibuat dengan penuh cinta (ehm). Dijamin ga ada yg nyamain. Eh malah promosi, hihi. Sampai saat ini, pesanan selalu datang dari langganan saya sebelumnya dan para tetangga di komplek. Hmm..,kebayang kan, andai saya punya toko online pasti jadi lebih cepat laku, dan lebih banyak untung. Dapat plusnya lagi: nama saya jadi ngetop :D

    ReplyDelete
  30. Hai Maaaaks,

    Bukunya bikin penasaran dan kepingin banget baca terus dipraktekan gitu, selama ini aku sudah diijinkan buat toko online sama suami, cuma ya..kalau belum pernah baca teorinya rasanya piye...kalau langsung praktek, takut ya takut gitu deech.

    Selama ini,aku suka cari-cari barang buat anak dan beberapa waktu ini buat my baby yang sebentar lagi Inza Allah akan hadir...dan nampaknya, ada beberapa toko online yang terlihat kurang yahuuud. Nah....aku pingin banget buka toko online khusus buat baju baby dan anak-anak, namun dengan konsep yang benar-benar tepat.

    Seorang pembeli, apalagi buat baby dan anak ya..kepinginnya kan tahu bener ini bahannya kek gimana, model serta jahitannya kualitasnya gimana. Nah, semoga apa yang aku kepingin ada di buku itu Mak Uniek.

    ReplyDelete
  31. hiik ini comment ke dua ni tadi ilang commennya >,<

    Aku mau buat toko online penjualan Bakso dan Naget Ikan Lele. Dari awal sudah berfikir bagaimana caranya mengngembangkan penjualan prodak dengan cara online, penjualan yang mudah sekali dicari tanpa harus datang langsung ke tokonya,,,bagaimana cara mempercantik produk agar konsumen tergiur dengan jualan kita :)

    Intinya aku mau mau mau mau buku itu >_<

    ReplyDelete
  32. Pingin punya toko online yg melayani jasa pembelian domain dan hosting plus settingnya :)

    ReplyDelete
  33. Bukunya keren banget. Jadi pengen punya.

    Saya ingin buka toko online Kopi dengan nama KopikuNesia. Menjual kopi serbuk dari seluruh penjuru Indonesia. Saya yakin banyak sekali penduduk Indonesia yang suka minum kopi. Dan saya juga yakin akan banyak banget yang pengen bereksperimen meminum kopi dari banyak daerah. Terus Toko KopikuNesia juga akan membentuk kemunitas kopi. Keren banget kan?

    Berharap dapat bukunya biar bisa belajar mempraktekannya. heheh.

    Nama : hapudin
    Twitter: @adindilla
    Email: hapudincreative@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Pengen banget buka toko online, namanya "Pink Rider" atau "Lady Rider"

    Karena walaupun jadi pengendara motor di jalanan ibu kota yang kejam, tapi tetap mau tampil imut. Safety first untuk pengendara perempuan susah. Misalnya nih, mau helm full face (yang menutup hampir semua muka), tapi model yang dijual sangar-sangar ya ga sesuai sama jiwaku yang pinky ini. Jadi, niat awalnya mau sekalian mengakomodir para wanita tetap stylish dan safety sebagai rider. Tapi masih bingung, bagaimana awal mula mencari suppliernya (karena mengumpulkan beragai pernak-pernik bermotor), bagaimana bekerjasama (kontrak) dengan para supplier, bagaimana membuat toko online yang oke. Dari review bukunya, kayaknya bisa menjawab pertanyaan aku nih yang lagi kebingungan

    Sukses mba Uniek GAnya ^.^

    ReplyDelete
  35. Ikut ah.
    aku tuh suka banget belanja tas ori. Koleksiku bertumpuk di rumah. Dan rasanya gak puas-puas..selalu pingin punya lagi punya lagi. Jadilah aku gemar cuci mata ke etalase tas.
    memandang saja sudah merasa terhibur.
    nahhh... jadi kalo dikasi kesempatan aku pingin punya toko online yang menjual model model tas ori.... atau setidaknya tas kw super.

    tapi setelah membaca review mak uniek di atas, tepatnya di bagian bahwa toko online menghendaki agar pemiliknya harus terus upto date dalam menjual barang yang ditawarkan aku jadi mikir lagi. Beli tas ori itu kan duitnya gede. Kalo harus ngikutin model2 tas terbaru waaaaashhhhh
    .. bisa terkuras isi kantong dan isi tabunganku. Jadi aku langsung banting setir.

    aku mau buka toko buku online aja deh. Karena:
    1. Buku tidak mengenal usia terbit. Meski terbitan lama tetap ada orang yang mencarinya.
    2. Buku tidak mahal2 amat modalnya
    3. Lingkungan pergaulanku kayaknya lebih banyak mereka yang suka membaca ketimbang shopping barang ori. Jadi jika aku ingin menerapkan model viral marketing kayaknya dagangan online buku lebih cepat dilirik ketimbang jual tas ori yang mahal.

    lagian kalo daganganku dah bejibun aku bisa ngerintis untuk juga dagang non online dalam bentuk cafe baca...jadi resto dimana orsng bebas sewa atau beli buku ketika mereka maem

    ReplyDelete
  36. Aku lihat harga baju muslimah bikin mata melotot di toko online. Akhirnya bela2in berjubel di pasar milih baju yg pas tapi murah. Capek, pasti. Keringetan, haus, tp mendapatkan brg bgs dan murah itu "sesuatu".
    Aku ingin punya Toko online yang menjual perlengkapan muslimah kualitas bagus dan tidak terlalu mahal. Sama dengan harga toko lah. Karena beberapa ibu2 langsung mundur saat melirik harga. Kalau harga toko onlineku pas di kantong, bakal bnyk pesanan dong. :-)

    ReplyDelete
  37. Jujur saja nih Mak Uniek... aku sudah sejak lama pengen punya online shop, cuma kendalanya... aku gak tahu mau jualan apa!

    Tapiii... setelah kupikir-pikir kayaknya aku ingin punya online shop yang isinya aneka jenis oleh-oleh (makanan) khas Madiun.
    Alasannya...? Ya karena warga Madiun banyaakkk banget yang merantau sehingga setiap kali mereka mudik ke Madiun selalu dimanfaatkan untuk belanja oleh2. Kalau sudah begitu, toko oleh-oleh di Madiun selalu saja penuh sesak oleh pembeli.
    Trus, orang tuaku sering dapat request dari saudara-saudaranya yang tinggal di luar kota, yang sudah jarang bisa ke Madiun karena faktor usia dan kesehatan, mereka minta dikirimi makanan khas Madiun. Untuk ngobatin kangen katanya...
    Jadiiii... sepertinya online shop yang menjual makanan oleh2 khas Madiun cukup menjanjikan. Tapiiii... bagaimana cara memulainya? *eh, kok malah nanya*

    maaf mak Uniek... ini jawab sekaligus curcol ceritanya hahaha

    ReplyDelete
  38. Sebenarnya sejak kuliah, aku dan teman - teman kuliah sudah punya ol shop karena adanya matkul kewirausahaan, jualan baju cewek and cowok. Laku banget. Tapi, setelah lulus, teman - teman pada balik ke Negaranya masing - masing (baca: kota asalnya) jadi enggak terurus. Dan aku banting setir jualan cemilan secara offline dan online, kenapa cemilan, karena aku lebih suka ngemil dan enggak terlalu uptodate dengan fashion, kan enak jualan cemilan sekalian ngemil dagangan #eh. Tapi kalau cemilan enggak kuat yang namanya expired date (kadaluwarsa), pernah juga rugi karena perputaran barang lambat dan sudah melebihi tanggal kadaluwarsa. Trus dari coba sana - sini jadi reseller ini - itu, sekarang mantap buka ol shop Handycraft, ya suplier barang handycraft dan juga jadi reseller produk teman - teman komunitas handycraft.

    Kemudian baca resensi bukunya eh emang benar juga kalau content is the king, jadi jualan enggak kayak nyepam, tapi jualan juga mengedukasi customernya #tsaaah.. karena aku handycraft, biasanya juga edukasi customer yang seiring bilang "produknya kok mahal ya" padahal produk buatan tangan itu enggak hanya asal jadi, tapi juga dilihat dari proses pembuatan yang memakan waktu, terkadang prosesnya juga butuh ekstra kesabaran. hihihi..

    ReplyDelete
  39. ikutaaaan ya maaak hihihiiii...

    Beneran jadi mikir untuk buka toko online...hmmmm...kayaknya seruuuu :), bisa sekalian meluruskan hobi berbelanja yang kelewatan dan menjual barang-barang yang lucuuu-lucuuuu :). Sebenernya udah sempet jajal lewat Garage Sale hehehehe :)

    Oke, aku mau buat toko online yang temanya "brik-a-brak'...kalau kata orang Lampung, artinya pernak-pernik-kecil-kecil-apa-aja-yang-saya-suka alias toko segala ada :). Bukannya apa-apa...saya tau kalau online shop yang spesifik pasti banyak dicari, tapi kalau jual segala macam jenis barang kecil-kecil tapi lucu menggemaskan dan tidak gampang dicari kayaknya seru juga tuuuh :)... Misalnya: kartu pos dari berbagai negara dan prangkonya..atau pernak-pernik souvenir khas berbagai negara dan daerah, hiasan meja, perlengkapan dapur yang unik dan kecil, dompet et tas lucu..pokoknya yang unik-unik deeeh :)


    Kenapa? karena saya suka belanja barang-barang unik ini dan kadang ngg tau mau diapain hehehe...semangat belanjanya, terus bingung mau ditaruh di mana :). Ada beberapa yang jadi oleh-oleh, tapi tetap lebih banyak :). Apalagi alhamdulillah saya punya kesempatan liat beberapa tempat di Indonesia dan negara lain yang insya allah bisa melancarkan proses mengumpulkan barang-barang lucu ini :). Jadi, hobi belanja bisa jalan terus, tapi bisa dinikmati orang lain jugaaa...Enaknya, brik-a-brak biasanya ngg terlalu mahal namun unik :)..

    Gimanaaa...kalau aku buka online shop segala ada ini mau kaan mesen di aku hihihi...mmuuuaaaah :)



    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleeehh... ntar aku pesen ya mak :)

      Delete
  40. Ikuut yaa...
    Aku pingin buka toko online fashion, dulu udah pernah soale. Lumayaan latis tp trus mandeg krn keenakan traveling hehe.
    Mau mulai lg kok masih terkendala.. mau jualan apa? Laku ngga ya? Modal? Hehe.. itu sih alasaannn..

    Kalau nanti buka toko online lg aku mau jual alat dan perlengkapan adventure outdoor jg aah... dan fashion unik yg gk dijual di toko lain. Semisal.. jeans dg variasi batik atau wastra Indonesia lainnya. Seru!

    ReplyDelete
  41. Replies
    1. Jujur dari awal aku udah pengen banget belajar bikin dan buka toko online tapi kutak tahu harus memulai darimana (ost tokyo love story-red) hehe.. membaca review diatas aku jadi tambah mupeng bukunya.. kalau aku pengennya buka toko online desain template girly yang cucok buat ibu-ibu blogger. alasannya karena aku suka utak utik blog dan seneng banget sama kode kode script HTML. apalagi di dalam buku ini dikasih tips tentang cara mempercantik toko online meski kita bukan pakar blog.bikin penasaran aja gmn ya itu hehe.. buat aku aja yaaa bukunyaaaaa... hihi

      Delete
  42. reviewnya menarik sekali aku jadi pengin punya toko online sendiri yang menjual semua serba-serbi anak, buku anak, pernak-pernik anak, pakaian anak, mainan anak. Kenapa aku memilih bidang ini karena aku punya anak, dan aku punya daftar apa yang anak suka tapi hati ibu tetap tenang membelikannya. Semua barang di toko onlineku yang pasti kualitasnya bagus sesuai standar nasional Indonesia

    ReplyDelete
  43. reviewnya lengkap mbak, membantu sekali..
    ikutan ahh ya GA-nya :)
    saya ingin punya toko online yang menjual buku-buku anak dan pernak-pernik yang membantu pembelajaran anak sehari-hari.. salah satu impian saya ingin menerbitkan buku kumpulan cerita anak religi karya saya dan juga novel anak.. kalau sudah terwujud kan bisa dijual di toko sendiri hehe.. saya juga miris dengan perkembangan anak-anak sekarang yang terpengaruh lingkungan yang buruk, tontonan yang tidak mendidik, dan kurang mengenal arti penting membaca buku (meski tetap ada saja yang tidak demikian). rasanya sebagai perempuan saya sedih dan merasa turut bersalah kalau sampai generasi muda kita terabaikan..
    makasih sharing-nya ya Mbak... sukses selalu :)

    ReplyDelete

  44. Sebenarnya sih sejak beberapa bulan terakhir saya sudah merintis berjualan online lewat Facebook. Yang saya jual adalah produk busana Muslim untuk dewasa dan anak-anak, pria dan wanita. Setelah beberapa bulan berjualan online, saya merasa harus melakukan sesuatu supaya toko onlinenya nggak begini-begini aja. Makin hari makin ramai orang berjualan di Facebook, terutama yang jualan busana Muslim. Dari segi produk saya cukup pede karena at least di timeline saya, saya belum menemukan produk busana Muslim yang sama persis. Jadi produk yang saya jual sifatnya lebih terbatas dan kualitasnya juga in syaa Allah sesuai harganya. So far alhamdulillah belum pernah ada yang komplain he he. Namun tetap saja produk yang oke nggak cukup untuk melawan arus persaingan toko online saat ini. Sebagai penjual merasa perlu ada yang diupgrade, baik dari 'kemasan' toko onlinenya, juga yang jual perlu diupgrade dengan ilmu seputar mengelola toko online.

    So, setelah membaca postingan Mbak Uniek, toko online apa yang ini saya buat? Tetap toko online yang menjual busana Muslim. Tapi lebih tepatnya membuat toko online dengan situs web sendiri (bukan hanya jualan di Facebook). Kenapa? Buat branding iya, biar nongol di search engine iya, biar dapat banyak pelanggan baru iya, biar nambah penghasilan iya he he.

    ReplyDelete
  45. Hehehe..sepertinya postinganku kemarin gak masuk...
    Habis baca review mbg tentang membangun toko online menarik banget..saya bisa tarik kesimpulan bahwa kalo kita punya tekat apapun bisa menghasilkan..asal kemauan jalan.. Hemm..kalo untuk bisnis toko online aku dari dulu uda kepikiran mau nyoba cuma itu belum ada barang apa yang mau dijual.
    Tapi beberapa waktu belakangan aku mikir mau buka online nan tentang makanan.Soalnya sih aku sendiri punya hobi makan. Tapi lebih ke arah nyemil..hehe..Jadi aku mau buka online nan dari produk utama singkong. Nantinya singkong itu akan aku buat macam-macam aneka kue..Ya selama ini kan masih banyak orang yang nganggep kali makanan ini adalah makanan kampung la, gak mutu la, murahan la,dsb. Padahal singkong sendiri punya cukup asupan gizi. Dan aku ingin singkong tak dikenal hanya dengan menu rendahan namun juga bisa menjadi menu andalan..
    Dari ilmu yang dipaparkan mbg cukup membuatku PD kalo buka toko online gak mesti seorang progamer..orang biasa kaya aku jg mampu apalagi aku sendiri punya basic desain yang aku dapat waktu sekolah dulu...
    Terimakasih buat ilmunya..:D

    ReplyDelete
  46. Ikutan ya mak :D
    setelah menelusuri dan mencoba jadi pelanggan salah satu toko online yang sudah punya nama "Besar" saya jadi tertarik ingin membuat dan membuka toko online khusus dunia fashion muslimah. Karena saya suka sekali menjahit dan memiliki beberapa karya sendiri walaupun model bajunya masih sangat sederhana. Yah, namanya juga pemula, yang penting ada kemauan dan konsisten merintis usaha sendiri dengan baik. Mengingat Indonesia saat ini sedang dalam perjalanan berproses menjadi kiblat fashion muslimah dan hijab di seluruh dunia. Semoga impina yang satu ini segera terwujud, mohon do'anya ya, Selain itu saya juga pengen banget memiliki butik sendiri yang didalamnya ada ruangan khusus untuk ngajarin orang lain yang berminat di dunia jahit-menjahit. Dapat untung, ilmu pun tersalurkan dengan baik. Makasi.

    ReplyDelete
  47. Masih sempat kan ya? Semoga masih. Amin :D

    First of all, I wanna say CONGRATS for Mbak Carra atas bukunya. Syelamaaatt! :*
    Syelamat juga buat Mak Antag dan Mak Amma sudah dipercaya dg blog tour ini :*

    So here's my answer:
    Aku pengen buka toko online HELLO KITTY! Hahaha. Kenapa? Karena aku fans Hello Kitty garis keras. Aku pengen punya online shop yg menjual pernak-pernik atau barang-barang Hello Kitty. Tentunya yg dipatok dg harga bersahabat aja. Kebetulan aku punua temen SMA yg sekarang tinggal di Jepang, jadi bisa lah dia kumintain tolong jadi supplier Helkit stuff. Hihihi. Selain jualan barang Helkit, aku juga pengen jualan barang bayi Hello Kitty yg custom, seperti misalnya bando bentuk pita Hello Kitty, dan kaos/jumper bayi dengan gambar badan Hello Kitty tapi muka-nya pakai muka si anak, terus di bawah gambar itu ada tulisannya 'Hello (nama anak)' jadi misalnya 'Hello Ubii'. Hihihi. Kayaknya bakal lucu banget dan pastinya laris terutama kalo mama-mama nya suka sama Hello Kitty deh :p

    Semoga suatu saat terealisasi ah. AMIN :D

    ReplyDelete
  48. Toko online apakah yang ingin Anda buat setelah membaca review di atas? Mengapa?

    1. Dari dulu pengen banget punya toko buku online. kalau ditanya alesannya karena pertama saya suka baca. Kedua karena zaman sekarang udah banyak orang yang suka baca buku jadi peluang untuk berjualan semakin besar. Ketiga supaya orang yang tadinya ga suka baca jadi suka baca buku.

    2. Selain toko buku online saya juga pengen jualan voucher game online via internet (toko online). Alesannya untuk memudahkan para gamer mencari voucher game online. Selain itu juga peluang untuk laku lebih besar karena masih jarang orang ngejual voucher game online via internet (toko online).

    ReplyDelete
  49. Ikutan ya... Makasih :)

    Sekarang ini sebenarnya saya udah punya toko online, tapi di Facebook. Berawal dari hobi belanja cloth diaper untuk Jav, akhirnya saya pun membuka toko online yang menjual cloth diaper. Namanya Yummy Mommy Shop. Sekarang udah enggak jual cloth diaper lagi, tapi beralih ke kaos anak yang bisa dipersonalisasi dan baju muslim untuk ibunya.
    Ngomongin baju muslim, mungkin perempuan lain pasti senang kalau harus belanja baju. Tapi saya malah suka stres. Kenapa? Soalnya saya pribadi susah banget mendapatkan satu stel pakaian dan kerudung yang serasi dalam sekali waktu belanja. Misalnya nih, saya nemu kaos warna putih-ungu muda yang lucu di satu toko. Niatnya saya ingin memadukannya bersama cardigan, celana, dan kerudung dengan warna yang senada. Tapi, enggak mungkin saya bisa mendapatkannya hanya dalam satu toko. Harus cari ke toko baju di sebelah, dan juga mampir ke beberapa toko kerudung. Susah sekali mendapatkan yang warnanya benar-benar pas, selalu lebih muda atau lebih tua. Begitu juga apabila saya ingin memadukannya dengan warna yang kontras. Itu baru pakaian, belum lagi tas dan sepatunya. Fiuh! Baik toko online maupun offline sama saja. Susah bisa mendapatkan semua yang saya butuhkan hanya di satu tempat.
    Makanya, saya bercita-cita ingin mempunyai toko online yang tidak hanya menjual pakaian, tapi disertai beberapa alternatif pelengkap yang matching, seperti kerudung, tas, dan sepatu. Supaya pembeli enggak perlu repot-repot mencari ke toko lain. Sistemnya seperti toko buku online. Saat pembeli memilih buku dengan genre tertentu, biasanya akan diberi rekomendasi buku-buku lain dengan genre yang sejenis. Begitu juga dengan (calon) toko online saya ini. Jadi, saat pembeli memasukkan salah satu pakaian di keranjang belanjanya, akan muncul rekomendasi beberapa pilihan warna dan motif kerudung, tas, sepatu, dan lain-lain yang sesuai untuk pakaian tersebut.
    Sistem yang seperti ini kan enggak mungkin terlaksana kalau saya masih berjualan di Facebook. Makanya toko online saya harus mempunyai 'rumah' sendiri. Semoga setelah membaca buku ini, cita-cita saya bisa menjadi kenyataan. Aamiin :)

    ReplyDelete
  50. Ingin membuat Toko Online tapi reseller. Step by step, karena belum punya modal banyak. Toko online diisi peralatan komputer dan segala macam aksesoris.

    Alasan:
    Semenjak adanya internet dan adanya toko online, orang jadi agak2 malas belanja secara offline. Apalagi belanja barang yang berat2, dalam jumlah banyak.

    Mengambil kesempatan dari rasa malas itu, terciptalah CerisDigitalComp. Mengawali sebagai reseller dulu. Terpenting jujur! Nanti kalau trkumpul modal, baru bisa stock barang sndiri.

    ReplyDelete
  51. Salam ikutan meramaikan ^^
    Toko online idaman yang ingin saya buat adalah toko kebaya simpel dan baju-baju putih.
    Alasannya karena dulu waktu butuh banget sampai ngos-ngosan nyari di internet nggak ketemu yang pas. Kapok berselancar tanpa hasil, bagus kalau punya toko sendiri, pikir saya.
    Naah pas bangeet ada buku yang praktis dan manis ini. Kayaknya cocok banget buat saya belajar dan mulai membangun toko. Pilih saya! #eh

    ReplyDelete
  52. Bismillah.. :)

    toko online saya bakal saya bagi jadi beberapa kategori dengan tagline "Choose Your World's Need"(?). jadi ini 1 alamat web, di dalam lamannya ada menu utama berupa beberapa konten. kontennya berupa beberapa kategori berikut:
    - K-stuff (Korean stuff)
    - Kerajinan, dan perlengkapan rumah tangga
    - Barang bekas
    - Multimedia

    1. K-stuff. konten ini ada tentunya untuk menyalurkan kegemaran saya ^^ saya memang suka semua yang serba korea. saya juga sebal karena (selama ini) ga pernah bebas beli barang-barang korea. saya takut kehabisan uang XD jadi natapin dagangan orang ya sudah jadi makanan saya tiap hari meskipun puasa XD untuk yang ini saya akan menjadi penyalur saja, mungkin. saya akan mengimport barang-barang asli dari korea, yang pasti Official Goodies. bisa juga reseller dr barang2 KW, dan gak terpungkiri bila saya punya ide bikin barang korea baru, bakal saya jual juga di konten ini ^^

    2. Kerajinan, dan perlengkapan rumah tangga. Siapa sih yang ga suka kerajinan XD sayang harganya mahal :( saya bakal jual murah (tp gak kemurahan juga) karena saya juga mencintai kerajinan dan cukup sebal ketika mau beli, harganya (menurut saya) gak sesuai sama ukuran barang yang didapatkan =_= perlengkapan rumah tangga ini, mungkin barang-barang di sekitar tempat saya tinggal yang sellable (?) bakal saya foto dan upload. ini karena ga semua barang ada di semua tempat, barang2 unik disini mungkin ga ada sama sekali di suatu tempat. hal ini juga untuk promosiin barang orang lain. yang pastinya saya minta komisi dong, dikit aja ^^v

    3. Barang Bekas. apapun yang menuhin rumah, wajib di foto dan di upload. biar kata barangnya butek , ya gapapa, siapa suruh viewernya teken konten ini XD tujuannya untuk mengetahui seberapa kesempatan barang2 yang kita anggap ga bakal berharga, ternyata masih ada peminatnya. tentu barang-barang rusak saya gak cantumin harga, barang-barang disini bebas nego :) pengalaman rumah saya berantakan, banyak barang kayaknya penting tapi gak pernah dipake(karena uda cacat ato usang / sayang dijual) tapi akhirnya malah dimakan rayap, dirusak tikus, dihuni semut dan laba-laba -_- konten ini nunjukin, gada gunanya nyimpen barang lama yang ga pernah di pake!

    4. Multimedia. mumpung saya anak MM, saya mau jual juga dong ide saya :D bisa berupa grafis, flash, jasa, fotografi, video, web, dll. apapun yang saya bisa. ato mungkin kalo ada kenalan yang bisa programming, juga boleh saya cantumin disini :3

    intinya sih, saya buka toko online sesuai minat saya XD pengen nyalurin apa yang saya sukai, karena saya pengen hidup di dunia yang saya bikin :* yang pastinya, nanti harus ada partner yang rela diajak sukarela awalnya dan nikmatin hasilnya bersama juga. dan semoga, kalo ini jadi nyata, saya ga bakal jalanin terlalu serius, semoga peminatnya maklum kalo adminnya ga bales2 XD haha sekian deh, terimakasih, maaf baru tau giveawanya di detik-detik terakhir :(

    Wassalam :)

    ReplyDelete
  53. mau ikutan ya, mak Uniek :)

    Aku mau bikin online shop yang isinya semua barang yang aku bikin dengan label sendiri. Kayak yang udah aku mulai nih mukena. Pengennya tahun depan udah bagus konsepnya. Terus nanti ditambahin dengan produk lain kayak tas-tas kain dan baju anak yang simpel.
    Alasannya, karena ini adalah passionku. Ada rasa senang saat aku ngerjain semuanya. Ada rasa bahagia saat melihat hasilnya. Aku pikir akan lebih mudah kalau orang mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang dia mau. Dan itulah aku.. :)
    Beruntung banget ada buku toko online mak Carra yang bisa jadi panduan untuk konsep yang mau aku rencanakan. Duh, berharap banget aku bisa dapetin..
    Aku dan buku Toko Online itu kayaknya memang jodoh deh... :D *disorakin^^

    ReplyDelete
  54. Pingin punya toko online yg jual baju, kain dan pernak pernik dari batik. Kalau nggak laku, batik bisa aku pakai sendiri :D
    I love batik.

    ReplyDelete
  55. pengen punya toko online yang jual batik grobogan. alasannya ya biar dengan gampang orang2 kenal dengan motif2 batik dari grobogan. secara internett kan gampang diakses dimana-mana. hihihi

    ReplyDelete
  56. Yeaaayyy..alhamdulillah lumayan banyak yg ikutan blogtour buku Sukses Membangun Toko Online karya Mak Carolina Ratri ini. Terima kasih banyak untuk Stiletto yg sudah mempercayakan blogtour sesi pertama ini kepada saya. Juga terima kasih kepada teman-teman semua yg sudah bersemangat untuk ikutan.

    Pemenang giveaway sesi pertama ini adalah :
    1. Fitria Mayrani
    2. Inna Riana

    Silakan inbox saya di uniek.kaswarganti@gmail.com nama, alamat dan no hp bagi kedua pemenang. Hadiah buku Sukses Membangun Toko Online akan dikirimkan langsung dari pihak Stiletto.

    ReplyDelete