Real Beauty : Iklan Keren Dove

    Aku langsung terpesona saat melihat tayangan iklan ini di antara rentetan lagu yang sedang kudengarkan di Youtube. Mungkin bisa dilihat dulu sebelum aku ngocol terlalu panjang lebar ;)



    How do you describe the smooth way of this scene showing beauty side of us?

    Yes, beauty is about inside. How we describe ourself was sometimes just very different from others. Seperti yang tampak pada iklan produk Dove ini. Tanpa menampilkan sama sekali produknya, iklan Dove ini justru sangat memikat dengan narasinya yang 'mengalun' mendayu.

    Digambarkan melalui seorang seniman forensik, Gil Zamora yang dulunya pernah bekerja di kepolisian San Jose pada tahun 1995 sampai 2011. Zamora membuat sketsa wajah seseorang melalui deskripsi yang diberikan oleh yang bersangkutan, tanpa melihat sama sekali wajah orang yang digambarnya. Pada iklan ini salah satu personel yang digambar, Florence, menjawab satu demi satu pertanyaan Zamora seputar bagian-bagian wajahnya.

    Selain menanyakan pada si pemilik wajah, rupa-rupanya ada teknik lain yang diterapkan oleh Zamora. Dia meminta bantuan orang lain, Chloe yang tadi baru saja berkenalan dengan Florence, untuk mendeskripsikan juga wajah Florence tadi. Jadi di sini Zamora melakukan aktivitas pembuatan sketsa wajah dengan dua sumber, si pemilik wajah dan orang lain yang tadi baru saja kenal dengan pemilik wajah itu.

    Setelah selesai sesi pembuatan aneka sketsa wajah itu, para pemilik wajah diberi kesempatan untuk menyaksikan hasil gambar Zamora, baik itu yang berdasarkan dekripsi si pemilik wajah sendiri maupun yang atas penggambaran orang lain. Terus apa istimewanya dong kalau cuma begitu saja?

    Untuk yang sudah menyimak iklan via youtube tadi pasti tau dooong... Dan untuk yang belum, lebih baik saksikan sendiri deh tayangan iklan keren ini. Sisi filosofis produk yang coba dibenamkan dalam brand Real Beauty ini benar-benar tergarap secara apik. Rentetan adegan dan percakapannya mengalir smoothly, juga penuh arti. Banyak point bermanfaat yang bisa dipetik dari alunan dialog pada iklan ini. Terutama tentang how we set values of ourself. Baru ngeh deh bila kita sudah underestimate pada diri sendiri, padahal belum tentu orang lain berpendapat demikian, itu berarti kita telah 'membunuh' karakter kita sendiri tanpa disadari.

You are more beautiful than you think

    Meskipun tak serta merta membuatku ingin membeli produknya, namun secara pribadi aku salut luar biasa dengan effort yang telah dilakukan dalam pembuatan iklan ini. Jadi teringat-ingat terus dengan detail-detail yang diusungnya. Kereeeennn.... Bila harus mencantumkan rating, dengan skala 1-10, tak perlu berat hati akan kuberikan klik pada level teratas. Salut Dove.....

Uniek Kaswarganti

Mom of two lovely kids, loves reading so much especially on fiction. She prefers listening Genesis and Phil Collins, The Corrs and KLa Project while enjoying her loneliness.

18 comments:

  1. Selain underestimate, artinya kita juga berpikir negatif. Iklan ini memang keren, dalem maknanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Fit, tanpa sadar dalam berbagai hal kita sering melakukan 'kekejaman' itu pada diri kita sendiri

      Delete
  2. Huaa ngga bisa buka utub..aku cb di lappy yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, santai aja... klo ga liat iklannya rada susah menjelaskannya :)

      Delete
  3. saya baru tahu kalau blog mbak ada 2 ^^

    iyaaa, iklan ini kece banget :) walau agak panjang sih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir di sini ya Tha, yg ini khusus utk latihan ngreview aneka hal yg kusuka seperti buku, musik, film dan berbagai produk.
      Memang, iklan ini panjang karena termasuk iklan yang bergenre pemaparan non-goods description, titik beratnya ke branding image secara menyeluruh.

      Delete
  4. Replies
    1. iyo mba, iklan-e alusan banget ya? penuh makna, nggak asal promo produk aja

      Delete
  5. Suka dengan quote-nya : "You are more beautiful than you think" ^_^

    ReplyDelete
  6. I'm not beatiful like you, i'm beautiful like me. #WeAreBeautiful :)
    thanks ceritanya bun, mengharu biru hhe...

    ReplyDelete
  7. i am beautiful no matter what they say :D
    *nyanyi

    ReplyDelete
  8. ah, merasa ikut tercubit... seberapa sering ku minder & 'kejam' terhadap diri sendiri? trims sdh berbagi iklan ini, Dik :)

    ReplyDelete
  9. Waah mak aku jadi ikutan jatuh hati pada sudut pandang iklan itu...kapan ya iklan di Indonesia bisa mencerahkan bukan saja wajah tapi juga hati dan fikiran. tengkiu ya mak untuk mencoba membandingkan citra cantik diri dan cantik di mata sosial.

    ReplyDelete
  10. Coba iklan produk kecantikan di Indonesia bikin yg bgni ya Mbak, ga cuma nampilin cewek2 cantik tp tbp makna... Love this ad.. Love u too ;-)

    ReplyDelete
  11. Saya suka dengan iklan ini Mba, banyak dapat ide dari lihat iklan ini.

    Salam

    ReplyDelete
  12. Iya benerrr... gambaran diri kita di depan mata kita sendiri sering lebih rendah ya tetnyata. Ugh... termasuk aku. Selalu merasa rendah diri n merasa tak cantik. Harus diperbaiki nih.i

    ReplyDelete
  13. wow menyentuh sekalii apalagi buat cewek....
    :)

    ReplyDelete